5 Provinsi Penghasil Kubis Terbesar Di Indonesia

oleh -96 views
Ilustrasi Kubis
Ilustrasi Kubis - Foto : Pixabay/@Ulleo

Panennews.com – Kubis atau Kol seakan menjadi sayuran wajib saat menikmati sebuah lalapan. Sayuran dalam bahasa latin Brassica oleracea L. ini mempunyai ciri yaitu daunnya yang cukup lebar dan bulat mirip kipas.

Tanaman ini bisa tumbuh di dataran yang beriklim sejuk dan basah. Umumnya ketinggian dataran yang biasanya ditanam sayuran ini berkisar antara 800 – 1000 mdpl. Selain hidup di dataran tinggi, jenis tanaman yang biasa disebut kobis ini juga dapat hidup di dataran rendah antara 0-200 mdpl.

Pada area dataran rendah ini merupakan potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Karena tipikal tanaman ini dapat di tanam saat musim hujan maupun musim kemarau. Dengan pemeliharaan intensif, sayuran berdaun lebar ini juga dapat hidup disepanjang tahun.

Baca Juga :   Pala, Tanaman Endemik dari Maluku

Oleh sebab itu, melihat kondisi dan berbagai aspek yang ada, maka membudidayakan tanaman ini cukup potensial. Maka dari itu sayuran ini dapat tumbuh subur di Indonesia.

Beberapa provinsi di Indonesia dapat mengahasilkan kubis yang cukup banyak. Di rilis dari data Kementrian Pertanian, total produksi kubis di tahun 2018 dapat mencapai sekitar 1.4 juta ton. Nilai produksi yang cukup tinggi inilah menjadikan kubis dapat diperhitungkan untuk dikembangkan.

Provinsi Jawa Tengah masih memegang rekor nomor wahid dengan tingkat produksi kubis mencapai 303.300 ton di tahun 2018. Sedangkan posisi runner up di tempati oleh Provinsi Jawa Barat dengan kisaran produksi mencapai 280.448 ton.

Baca Juga :   Pentingnya Pemanfaatan Biogas Untuk Pupuk Pertanian

Di posisi ke tiga ada Provinsi Jawa Timur dengan hasil produksi kubis mencapai 217.507. Sementara itu tak kalah bagusnya dengan Jawa Timur, Sumatera Utara juga mampu menghasilkan kubis sekitar 172.834 ton.

Dan yang terakhir di posisi ke lima ada Provinsi Sumatera Barat dengan hasil produksi mencapai 106.934 ton kubis.

Komentar