5 Cara Efektif Pengenalan Dini Pada Anak Dalam Dunia Pertanian

oleh -12 views
Ilustrasi Anak Dalam Dunia Pertanian
Ilustrasi Anak Dalam Dunia Pertanian - Foto : Freepik/@prostooleh

Panennews.com – Dunia pertanian tidaklah identik dengan orang tua dan kuno. Agribisnis dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup potensial sepanjang waktu. Maka dari itu pengenalan sejak dini pada anak mengenai agribisnis cukup penting.

Sebagian orang tua mungkin saja pusing dan bingung bagaimana anak dapat lepas dari gadget. Oleh karenanya kreasi dan inovasi dalam memperkenalkan sesuatu pada anak menjadi pilihan wajib. Salah satunya kenalkan anak pada dunia pertanian.

Lalu apa saja cara efektif agar anak bisa mengenal dan mencintai dunia pertanian. Berikut tips nya

Mainan

Dunia anak tak jauh dari yang namanya mainan. Banyak ragam mainan untuk merangsang motorik sang buah hati. Maka memilih mainan yang edukatif dapat menjadi sebuah pilihan tersendiri.

Contoh mainan yang paling sederhana diantaranya traktor, cangkul, mesin pertanian, dan sebagainya.

Baca Juga :   Mentan Syahrul: Sulsel Berpotensi Jadi Penyedia Pangan Nasional

Dengan mendekatkan mainan yang berhubugan dengan dunia pertanian, maka akan semakin tertanam kecintaan pada lingkup agribisnis.

Wisata Pertanian

Piknik dengan destinasi wisata pertanian sudah cukup banyak yang menyajikan. Bawalah sang anak untuk lebih dunia pertanian dan perkebunan dengan memilih tujuan wisata agribisnis.

Mereka dapat melihat dan langsung merasakan bagaimana proses menanam padi, anggur, jeruk, durian, dan sebagainya. Bahkan proses panen yang menasyikkan dapat langsung menyentuh minat anak pada pertanian.

Museum Pertanian

Selain destinasi alam yang langsung, pilihan lainnya yaitu dengan membawanya ke museum pertanian. Destinasi sejarah dengan berbagai informasi edukasi pertanian ini bisa mendekatkan imajinasi anak dalam dunia agribisnis.

Praktik Langsung

Hal lain yang dapat orang tua lakukan untuk lebih mendekatkan minat pertanian ke anak yaitu dengan mengajaknya langsung praktik.

Baca Juga :   Selain Zona Konversi Pohon Cemara, Pantai ini Juga Sangat Eksotis Untuk Wisata

Pilih metode sederhana yang menyenangkan seperti menanam bayam hidroponik, bunga anggrek, mencangkok pohon jambu, dan sebagainya.

Cara-cara sederhana itulah dapat dilakukan orang tua di akhir pekan yang dapat dilakukannya sendiri di rumah. Jadwalkan secara rutin dengan program sederhana agar anak tidak terlalu jenuh.

Atribut Pertanian

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh orang tua yaitu dengan membelikannya atribut pertanian. Seperti topi caping anak, cangkul anak, sepatu tani, dan lainnya. Sehingga pada saat praktik di kebun anak bisa langsung merasakan menjadi petani secara nyata.

Perlengkapan dan alat sederhana tersebut dapat memacu semangat anak untuk lebih mencintai dunia agribisnis.

Komentar