Rahasia Agar Burung Kenari Makin Istimewa

oleh -48 views
Burung Kenari
Ilustrasi Burung Kenari - Foto : Pinterest.com/burungnya

Panennews.com – Burung kenari (serinus canaria) merupakan burung yang banyak untuk dipelihara. Warna bulu yang indah, beragam, periang dan serta memiliki suara merdu menjadikan burung ini banyak peminatnya.

Banyaknya macam karakteristik yang dimiliki burung ini menjadikannya spesial bagi para pemilikinya.

Agar burung dapat selalu tampil prima, ada baiknya selalu memperhatikan kesehatan dan pakannya. Secara biologis burung termasuk kedalam keluarga omnivora.

Sebagian besar makanan pokoknya berupa biji – bijian, sayuran, dan serangga, tetapi bisa juga menggunakan pakan yang disediakan toko pakan hewan.

Baca Juga :   Mau Latihan Beternak Gratis Sekaligus Agrowisata, Di Sini Tempatnya

Pemberian Pakan

Biji – bijian yang bisa digunakan untuk pakan berupa biji sawit, biji bunga matahari (sudah dikupas kulitnya), beras putih, kedelai dan jagung.

Pemberian pakan biji – bijian disarankan untuk ditumbuk terlebih dahulu, karena biasanya memiliki ukuran yang relatif besar.

Saat ingin memberikan pakan campuran biji – bijian, gunakan takaran 1 : 1 untuk setiap komposisi dari pakan. Bila ingin burung kenari lebih cepat bertelur, gunakan kacang hijau lebih sering untuk membatu mempercepat zat pembentukan telur.

Jangan terlalu sering menggunakan campuran sayur pada pakan, ditakutkan akan membuat burung mudah mencret.

Baca Juga :   Lahan Sempit Untung Melimpah Dari Ternak Lele Bioflok

Agar nutrisinya terpenuhi, bisa juga ditambahkan serangga berupa keroto, jangkrik, dan ulat bambu.

Komentar