Pupuk NPK Menjadi Primadona Untuk Menanam Tumbuhan Bunga

oleh -145 views
Ilustrasi Pupuk NPK Foto pinterest
Ilustrasi Pupuk NPK - Foto : pinterest

Panennews.com – Kini para petani mulai beralih kepada pupuk anorgannik yang telah hadir berbagai macam pilihannya. Salah satunya pupuk NPK yang merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang mempunyai sedikitnya lima unsur hara makro maupun mikro. Unsur hara makro dan mikro menjadi penting untuk pertumbuhan tanaman.

Penggunaan Pupuk NPK untuk Tanaman Bunga

Meskipun dari segi harganya tergolong mahal, namun para petani mempercayai bahwa pupuk tersebut bisa membuat tanaman mereka menjadi lebih berkualitas.

Sebab manfaatnya memang sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman. Sampai saat ini, pupuk NPK masih menjadi primadona di kalangan petani. Para petani yang memakai pupuk NPK bukan tanpa alasan.

Pupuk anorganik ini memiliki kandungan nutrisi di dalamnya. Berupa nitrogen, phospate, kalium, magnesium dan kalsium. Hal itu yang membuat pupuk tersebut juga dinilai bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga. Agar bisa tumbuh lebih cepat dan membuat bunga terlihat lebih segar.

Baca Juga :   Daun Kenikir, Sayuran Hijau Lezat Sebagai Lalapan

Bahkan dari batangnya juga terlihat lebih hijau dan perakaran kokoh sehingga bunga tidak mudah rontok. Maka wajar saja jika pupuk tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman bunga. Itulah mengapa hingga saat ini, banyak sekali petani yang memilih pupuk NPK.

Cara Penggunaan Pupuk NPK untuk Tanaman Bunga

Penggunaan pupuk NPK tentu harus disesuaikan dengan prosedur yang tepat. Jangan sampai pemberian pupuk NPK melebihi dosisnya. Penggunaan pupuk NPK biasanya dilakukan dengan dua cara.

Yakni ditebarkan secara langsung pada tumbuh tanaman tanpa perlu diencerkan. Bahkan bisa juga dengan mengencerkan terlebih dahulu dan kemudian diberikan kepada tanaman.

Baca Juga :   Jamu Kencur Sebagai Obat Alternatif Pada Masyarakat Indonesia

Ketika memutuskan untuk menggunakan pupuk NPK dalam bentuk cair. Dianjurkan baiknya mengetahui tahapan pembuatannya, serta cara mengaplikasikannya pada tanaman.

Caranya dengan memasukan 2 liter NPK cair ke dalam 8 liter air. Kemudian aduklah sampai merata. Baru kemudian bisa menyiramkan tepat pada bagian akar tanaman.

Sedangkan untuk takaran dosis pertanaman, bisa diberikan 200 ml pupuk cair. Pemberian pupuk pun bisa Anda lakukan saat tanaman berusia di atas rata-rata sekitar satu bulan ke atas.

Pemberian pupuk dengan takaran dosis yang tepat mampu membuat tanaman bunga semakin subur. Jadi sebaiknya, perhatikan dosis pemberian pupuk NPK yang tepat untuk tanaman bunga.

Dengan pemberian pupuk yang sesuai takaran dosis yang tepat, maka pertumbuhan tanaman pun juga semakin cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.