Mengenal Beragam Varietas Paprika

oleh -434 views
paprika
Ilisutrasi Buah Paprika - Foto : Pinterest.com

Panennews.com – Tanaman paprika merupakan tanaman cabai dari suku terung-terungan (solanaceae). Jenis buah cabai ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu dengan ragam warna cerah yang terdapat dalam buah ini terkadang juga difungsikan sebagai garnis.

Buah dengan nama latin Capsicum annuum L. ini mempunyai ciri khas dengan rasa yang tidak terlampau pedas, bahkan cenderung manis. Biasanya penggunaan jenis buah ini cukup familiar pada jenis makanan yang berasal dari Amerika maupun Eropa.

Paprika sendiri mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan kaya gizi yang terdapat dalam buah ini diantaranya vitamin A, B, C, protein, karbohidrat, hingga mineral seperti Ca, Fe, maupun P dan K.

Lebih lanjut, jika dilihat dari segi warnanya, buah yang masuk dalam kelas magnoliubsida ini terdiri dari merah, kuning, orange, maupun hijau. Ada juga yang berwarna ungu, coklat, hitam, dan putih.

Varietas dari paprika merah antara lain adalah spartacus, edison, chang, spider, dan athena. Adapun yang berwarna kuning diantaranya sunny, goldflame, capino, dan manzanila. Sedangkan yang berwarna orange antara lain magno serta leon.

Suhu yang dibutuhkan untuk tanaman jenis ini pada kisaran temperatur 21 ° C-27 ° C pada siang hari. Adapun pada malam hari berkisar 13 ° C-16 ° C. Di Indonesia sendiri paprika akan cocok berkembang pada suhu antara 16 ° C – 25 ° C.