Kiat Sukses Dalam Memulai Bisnis Ternak Ayam Broiler

oleh -186 views
Ilustrasi Ayam Broiler Foto pinterest
Ilustrasi Ayam Broiler - Foto : pinterest

Panennews.com – Daging ayam merupakan makanan yang dapat diolah menjadi beragam masakan. Pengolahan daging ayam yang mudah menjadi alasan lebih sering dikonsumsi dibanding daging hewani lainnya. Berdasarkan daging ini lebih banyak diminati dikarenakan harganya lebih murah dibanding daging sapi, kambing dan lainnya. Oleh karena itu, bisnis ternak ayam bisa menjadi peluang menarik untuk para entrepreneur.

Ayam Broiler

Ayam broiler (gallus domesticus) atau yang disebut juga ayam ras pedaging (broiler) adalah jenis ras ungulan hasil persilangan dari bangsa ayam. Ayam ini dikenal karena memiliki daya produktivitas tinggi terutama dalam memproduksi dagingnya.

Baca Juga :   Peluang Besar Sukses Menjadi Seorang Agripreneur

Ayam broiler merupakan ternak yang paling ekonomis bila dibandingkan dengan ternak lain. Kelebihan yang dimiliki ialah kecepatan produksi daging dalam waktu yang relatif cepat dan singkat, sekitar 4 – 5 minggu sudah dapat dipasarkan dan dikonsumsi.

Keunggulan lainnya berupa, pertumbuhan yang sangat cepat dengan bobot badan yang tinggi dalam waktu relatif pendek, konversi pakan kecil, siap potong usia muda, serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak.

Hal Yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai bisnis, persiapkan beberapa hal penting ketika merintis usaha ternak ayam broiler. Pertama harus memiliki lahan yang cukup luas. Lahan yang cukup luas direkomendasikan jauh dari pemukiman warga, agar limbah tidak mencemari maupun mengganggu warga sekitar. Tempat yang sunyi juga menjadi nilai lebih untuk menjaga mood ayam itu sendiri agar tidak mudah stress.

Baca Juga :   Analisis Usaha Bisnis Tanaman Hidroponik yang Menjanjikan

Pakan menjadi faktor yang tidak kalah penting dalam pertumbuhan ternak, dalam menghasilkan daging yang berkualitas. Gunakan campuran pakan dari sorgum, pollard, dedak padi, agar ayam tidak hanya kenyang melainkan juga nutrisinya terpenuhi.

Komentar