Inovasi Baru TNI AU Atasi Kebakaran Hutan Dengan Bola-Bola Fiber WBC

oleh -18 views
yuyu sutisna
KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna - Foto: Antara/Abriawan Abhe

Panennews.com – Inovasi baru datang dari Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Udara (Dislitbangau) Water Container Bombing (WCB) dengan bola-bola fiber. Uji dinamis pengeboman air dengan menggunakan bola-bola fiber dari pesawat C130 Hercules ini disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma, Kalijati, Subang.

Di kutip dari Republika, Kasau menjelaskan bahwa sistem baru ini dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan. Kedepannya, lanjut kasau, akan mengembangkan bahan bola yang ramah lingkungan, mudah terurai, dan bisa dilipat sebelum diisi air sehingga mudah untuk diangkut ke Pekanbaru atau Pontianak jika dibutuhkan.

Baca Juga :   Menteri Susi Tetapkan Teluk Benoa Sebagai Kawasan Konservasi Maritim

Ia melanjutkan bahwa sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dislitbangau untuk membantu BNPB dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, kepala BNPN juga terkesan terhadap inovasi ini. Uji dinamis WCB oleh TNI AU ini sangat efektif mengenai sasaran dan mampu menjangkau area yang lebih luas dibandingkan dengan metode lainnya.

Adapun rencana kedepan, mengadopsi sistem tersebut untuk tujuan penghijauan dengan mengisi bola-bola air tersebut dengan bibit tanaman yang mudah tumbuh di area lahan apapun.

Ia menilai, metode ini begitu efektif dan dapat digunakan untuk pencegahan sekaligus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :   Presiden Tinjau Proyek Percontohan Ternak Sapi Belgian Blue

“Karena daya angkut yang lebih besar dan air tidak ada yang terbuang serta terserap oleh tanah. Saya juga bersyukur karena TNI AU juga dalam beberapa minggu terakhir ini telah berperan besar dalam mencegah terjadinya intensitas curah hujan ekstrem di ibukota dan sekitarnya seperti yang diprediksi oleh BMKG dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bekerja sama dengan BPPT,” kata Doni.

Setiap sortie penerbangan Hercules WBC, mampu mengangkut 76 bola air yang berisi masing-masing 113 liter sehingga jumlah air yang mampu dicurahkan mencapai 8.588 liter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *