Cara Mencangkok Tanaman Kelengkeng Dengan Mudah

oleh -840 views
Ilustrasi Buah Kelengkeng Foto pinterest
Ilustrasi Buah Kelengkeng - Foto : Pinterest

Panennews.com – Kelengkeng merupakan jenis buah dari suku lerak – lerakan dan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Buah kelengkeng berukuran kecil sebesar bola kelerang sedangkan pohonnya dapat tumbuh hingga ketinggian 40m dengan diameter 1m.

Walaupun sangat tinggi dan besar, tak jarang pula orang menanam pohon kelengkeng. Adapun ciri dari pohon kelengkeng yaitu dilihat dari daunnya, daun kelengkeng cenderung kecil – kecil dan majemuk dengan 2 hingga 6 pasang anak daun. Sedangkan tangakai daunnya sendiri kurang lebih sekitar 1 hingga 20 cm dengan bunga yang selalu terletak di bagian ujung daun.

Kelengkeng sendiri memiliki buah berbentuk bulat berwarna kuning kecoklatan dan memiliki tekstur licin jika sudah matang. Sedangkan untuk buah yang masih muda masih memiliki tekstur  kasar dan berbintil- bintil.

Berbeda dari kulit buahnya, untuk daging buah kelengkeng memiliki warna putih sedikit bening. Sedangkan untuk biji kelengkeng sendiri berwarna hitam dengan tekstur halus dan licin.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Spesies Ikan Tawar Gurami Padang

Banyaknya kandungan nutrisi pada buah kelengkeng bisa anda dapatkan tanpa harus membeli buah kelengkeng di supermarket. Ada banyak cara untuk menanam dan memperbanyak pohon buah kelengkeng. Bagi anda yang tertarik untuk menanam pohon buah kelengkeng, ada salah satu cara yang sangat mudah dan praktis yaitu dengan cara mencangkok pohon kelengkeng. Berikut cara menanam cangkokan kelengkeng.

Persiapan Mencangkok Pohon Kelengkeng

Salah satu cara mudah dan efektif dalam memperbanyak kelengkeng secara vegetatif yaitu dengan mencangkoknya. Adapun persiapan yang harus dilakukan sebelum menanam cangkokan. Pertama terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan cangkokan hingga lokasi tanam nantinya. Berikut penjelasannya.

  • Kelebihan dari cangkok yaitu sifat yang diturunkan pada tanaman cangkokan akan sama dengan induknya, sehingga untuk memperoleh hasil cangkoan yang baik anda harus memilih indukan pohon kelengkeng yang berkualitas.
  • Adapun ciri dari pohon kelengkeng berkualitas baik, yaitu pohon dapat tumbuh tinggi dan besar dengan buah yang rimbun dan sehat. Usahakan juga bahwa indukan masih dalam usia poduktif yang tinggi.
  • Setelah anda menemukan pohon yang tepat maka pilih lokasi tanam yang tepat nantinya, lokasi yang tepat haruslah bersih. Usahakan lokasi terbebas dari polusi, hama, maupun sampah atau limbah.
  • Setelah itu sediakan juga alat dan bahan yang akan anda gunakan nantinya berupa plastik ataupun sabut kelapa, tali raffia, pisau, dan pot jika anda ingin menanam pohon kelengkeng di dalam pot.
  • Jika anda ingin menanam di dalam pot maka sediakan pot berukuran besar, jika pot terlalu kecil anda bisa melakukan pemindahan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.