Buah Kiwi, Sejarah dan Berbagai Kandungan Manfaatnya

oleh -292 views
Buah Kiwi
Ilustrasi Buah Kiwi - Foto : Pinterest.com/photodune

Panennews.com – Kiwi (actinidia deliciosa) adalah  buah asli dari China, kiwi juga dikenal dengan nama gooseberry China. Ketika ditanya dari  mana asal nama kiwi, itu merujuk kepada burung kiwi yang berasal dari Selandia Baru. Nama tersebut bertujuan agar lebih cepat populer dan memiliki nilai kormersial yang baik.

Kesalahpahaman tentang buah kiwi berasal dari Selandia Baru terjadi karena, negara itu berhasil mengembangkan buah kiwi komersial pertama yang layak untuk diekspor.

Banyak alasan yang memicu orang untuk mengonsumsi kiwi secara rutin, meskipun berdasarkan harga buah kiwi terbilang cukup mahal.

Namun kita juga bisa membelinya dengan jumlah kecil dipak dipasar – pasar swalayan. Berikut manfaat yang bisa didapat dari konsumsi buah kiwi.

Baca Juga :   Banyak Yang Ga Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Alkesa

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan data USDA, kiwi mengandung vitamin C hampir dua kali lipat dari buah jeruk. Kandungan vitamin C pada kiwi 60 – 100 mg/ 100 gram, itu membuat kiwi mengalahkan jeruk yang sering disebut – sebut sebagai sumber utama vitamin C.

Kiwi juga mengandung asam folat yang menghasilkan sel darah merah dan putih serta antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

Berkat kandungan dosis vitamin C yang tinggi ini mampu berperan sebagai antioksidan kuat dan tubuh anda dapat melawan penyakit.

Baca Juga :   Manfaat Urban Farming Bagi Masyrakat Perkotaan

Melancarkan Pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah – buahan dan sayuran, kiwi memiliki kandungan yang baik dan tinggi untuk pencernaan.

Dengan memakan dua buah kiwi, anda memberikan asupan untuk tubuh  4,2 gram serat makanan. Kiwi juga mengandung enzim actinidin, yang diduga kuat meningkatkan pencernaan.

Kandungan Lutein Yang Tinggi

Lutein adalah senyawa phytochemical yang dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan dapat mencegah terjadinya katarak mata. Serat yang terkandung di dalam buah kiwi dapat mencegah serangan jantung, diabetes, dan menurunkan resiko kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.