Benarkah Sapi Limousin Sudah Ada Sejak Jutaan Tahun Yang Lalu ?

oleh -21 views
sapi limousin
Ilustrasi Sapi Limousin - Foto : Pinterest/@Ruben Jimenez

Panennews.com – Sapi merupakan hewan yang telah lama keberadaannya sudah ada sejak zaman dahulu. Hingga sekarang sapi terdiri dari banyak golongan dan bangsa. Bangsa-bangsa tersebut telah mengalami perkawinan silang sehingga menghasilkan sapi yang berbeda dari tetuanya.

Sejarah sapi limousin dimulai pada periode yang dikenal sebagai Pleistocene (2,6 juta sampai 12.000 tahun yang lalu) ketika banyak megafauna menjelajahi bumi. Aurochs, nenek moyang dari ternak modern, termasuk salah satu megafauna yang bertahan sampai abad ke-17.

Sapi limousin berasal dari Haute-Vienne, Prancis, di mana ia termasuk bangsa Bos Taurus yang kemudian dipelihara secara massal untuk diambil dagingnya.

Baca Juga :   Rahasia Agar Burung Kenari Makin Istimewa

Selain itu, tubuhnya yang berotot besar dan kekar sering dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian seperti membajak sawah.

Dalam rangka memperbaiki keturunannya, ada upaya menghasilkan strain yang lebih besar dari limousin tahun 1700-an dan 1800-an.

Beberapa peternak limousin mencoba untuk menyilangkan sapi limousin dengan sapi agenais, sapi norman, atau sapi charolais yang memiliki bentuk lebih baik.

Peternak limousin kemudian berkonsentrasi pada peningkatan keturunannya melalui seleksi alam. Program pemuliaan diizinkan untuk berkembang secara alami agar dihasilkan kualitas yang lebih tinggi.

Baca Juga :   'Gurihnya' Sate Bandeng, Hidangan Khas Kesultanan Banten

Salah satu upaya yang dilakukan melalui seleksi ketat pada kelompok ternak sapi limousin. Keberhasilan tersebut menyebabkan limousin dikenal sebagai hewan pedaging dari Perancis sejak saat itu.

Di Indonesia sendiri, sapi limousin kerap dihasilkan dari persilangan antara jenis Ongole dan Brahman. Meski bibit awalnya adalah impor, jenis hewan ini telah populer dikembangkan oleh peternak tanah air.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *