Alat Irigasi Pintar Ini Buatan Asli Mahasiswa Indonesia

oleh -105 views
alat irigasi pintar
Alat Irigasi Buatan Mahasiswa ITB - Foto : lpik.itb.ac.id

Panennews.com – Penggunaan teknologi yang belum maksimal menjadi persoalan dalam pengolahan pada lahan didunia pertanian saat ini. Masih banyaknya petani yang masih menggunakan cara lama atau tradisional dalam pengolahan lahannya.

Saat ini sudah banyak alat pertanian yang modern guna menunjang pekerjaan lebih mudah. Alat yang diproduksi sendiri oleh anak bangsa ini berupa alat irigrasi pintar.

Alat irigrasi pintar ini disebut dengan Encomotion. Encomotion berfungsi sebagai pengontrol otomatis keadaan green house pada lahan pertanian. Pada dasarnya alat ini mengatur penyiraman tanaman sesuai kondisi lingkungan sekitar.

Baca Juga :   Padi, Makanan Pokok Umat Manusia

Alat ini bekerja dengan menggunakan sensor yang peka terhadap keadaan lingkungan, seperti suhu dan  kelembaban. Ada dua alat inovasi yang dihadirkan diantaranya, Encomotion Monitoring dan Encomotion Controlling.

Diciptakan oleh para peneliti dari ITB, Encomotion dapat mengontrol kebutuhan  air pada lahan budidaya. Kontrol air memang penting mengingat pengaruhnya yang cukup besar pada hasil panen.

Alat ini sudah di uji cobakan pada lahan kentang di Ciwidey, Bandung. Hasilnya ternyata mampu meningkatkan produksi tanaman kentang yang semula hanya 5 – 7 buah, menjadi 20 buah per baris lahan.

Komentar