4 Varietas Jagung Manis Unggul Yang Perlu Anda Ketahui

oleh -2.150 views
jagung manis
Ilustrasi Jagung Manis - Foto : Freepik/@jcomp

Panennews.com – Seperti yang telah diketahui, tanaman jagung manis pada umumnya memiliki banyak varietas yang tumbuh di Indonesia. Varietas unggul diperoleh dari hasil pemuliaan dari tanaman jagung manis itu sendiri.

Varietas unggul jagung manis tersebut menjadi salah satu syarat agar hasil panen yang diperoleh nantinya akan sesuai dengan keinginan, baik kualitas dan kuantitas.

Beberapa varietas jagung manis unggulan yang bisa ditemui di pasar Indonesia, diantaranya

Super Sweet

Jagung yang memiliki pertumbuhan yang kuat dan tegap ini dikembangkan di daerah beriklim tropis. Ciri dari jenis ini ialah memiliki ukuran tongkol yang besar dan terisi penuh. Panjang dari tongkol lebih kurang 20 – 22 cm, dengan diameter 5 – 6 cm tanpa kelobot.

Biji yang ada pada jagung super sweet memiliki warna kuning. Sekali panen, jenis ini mampu menghasilkan 12,4 ton per hektare.

Baca Juga :   Ini Strategi Kementan Dalam Membangun Pertanian Tahun Depan

Sweet Boy

Varietas Sweet Boy memiliki rasa yang manis dan kadar gula tinggi hingga 13,4” brix. Jenis ini memiliki ciri ukuran tongkol yang besar, seragam, dan terisih penuh. Panjang tongkol mencapai 18 – 20 cm  dengan diameter tanpa kelobot mencapai 5 – 6 cm.

Warna biji pada jenis ini kuning cerah dengan jumlah 14 – 16 baris per tongkol. Dalam sekali panen jenis ini mampu menghasilkan 14 ton per hektare.

Bicolour Sweet

Jagung jenis Bicolour Sweet memiliki perbedaan yang lebih mencolok dari pada jenis lainnya. Varietas ini memiliki warna biji kuning yang bercampur putih. Dari kualitas tidak kalah dengan jenis lain, karena jenis ini memiliki tingkat kemanisan 13,5” brix.

Baca Juga :   Kelurahan Belawan Bahari Belajar Cocok Tanam Hidroponik

Jagung ini memiliki ukuran tongkol yang sedang, lebih pendek, seragam, dan terisih penuh. Selain pertumbuhan yang baik jenis ini juga tahan terhadap karat daun. Untuk jenis ini dalam sekali panen bisa menghasilkan lebih kurang 12,9 per hektare.

Sweet Lady

Jenis Sweet Lady ini toleran terhadap karat daun dan hawar daun. Ukuran tongkol yang tidak cukup besar dengan panjang 18 – 20 cm dan lebar 4 – 5 cm. Memiliki warna biji kuning cerah serta jumlah barisnya mencapai 14 – 16 per tongkol.

Waktu panen yang lebih cepat dari jenis lainnya, hanya membutuhkan 64 hari setelah tanam di dataran rendah dengan jumlah panen lebih kurang 12,2 ton per hektare.

Komentar