2 Macam Pakan Yang Bisa Kita Gunakan Untuk Budidaya Ikan

oleh -3,725 views
Ilustrasi Pakan Ikan Foto pinterest
Ilustrasi Pakan Ikan - Foto : Pinterest

Panennews.com – Secara sederhana pakan bisa diartikan sebagai makanan atau asupan yang diberikan kepada hewan ternak atau peliharaan seperti konsumsi untuk budidaya ikan. Maka pakan merupakan sumber energi maupun konsumsi bagi perkembangan dari tumbuh kembang makhuk hidup itu sendiri.

Pakan sendiri dibagi menjadi 2 macam, ada yang berupa alami dan buatan. Pakan alami merupakan pakan yang telah tersedia langsung dari alam. Dengan pakan alami, ikan memiliki kesempatan untuk memilih jenis pakannya. Maka dari itu pakan yang berasal dari alam selalu sesuai dengan selera ikan.

Baca Juga :   Ikan Mas, Ikan Air Tawar yang Populer Dibudidayakan

Pakan alami merupakan pakain terbaik untuk budidaya ikan pada fase tertentu, terutama fase pembenihan dan pendederan. Cantoh pakan alami yang bisa kita temui yaitu cacing, invertabrata kecil, dan larva serangga.

Selain pakan alami, manusia sendiri mampu untuk membuat pakan buatan untuk budidaya ikan. Pakan buatan merupakan pakan yang dibuat dengan formulasi tertentu, baik dari nabati maupun hewani berdasarkan pertimbangan pembuatannya. Pakan buatan biasanya dibuat di pabrik dan dijual secara komersial atau bisa juga membuatnya sendiri.

Dalam lingkup budidaya ikan lebih bergantung pada pakan buatan ketimbang alami. Pakan buatan ini bisa berupa dari bahan nabati, yang tidak lain berupa dedak halus, tepung daun, tepung jagung, dan tepung kedelai. Sementara untuk pakan buatan yang berbahan dasar hewani, diantaranya bisa menggunakan tepung tulang, tepung ikan, minyak ikan, dan minyak hati.

Baca Juga :   Koki, Jenis Ikan Mungil yang Cantik

Keuntungan dalam menggunakan pakan buatan ialah, mudahnya dalam penyimpanan, penggunaan dan serta tersedia secara berkala. Selain itu, semua kebutuhan esensial yang diperlukan ikan telah disediakan dengan baik dan tidak ada pencemaran bahaya hama maupun penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.