Zodia, Tanaman Asal Papua Yang Ampuh Usir Nyamuk

oleh -23 views
tanaman zodia
Tanaman Zodia - Foto : IG/yayat_landscape

Panennews.com – Hobi dengan tanaman tentunya sudah cukup familiar dengan tumbuhan dari pulau Cendrawasih ini. Tanaman Zodia (Evodia suaveolens) merupakan jenis tumbuhan dari suku rutaceae (jeruk-jerukan).

Tanaman ini sendiri mempunyai ciri dengan tinggi rata-rata sampai dengan 75 cm. Daun yang berbentuk pipih serta warna daun yang agak kuning kehijauan. Adapun area yang dapat tumbuh untuk jenis rutaceae ini berkisar 400-1.000 meter dpl.

Khasiat yang sudah sangat familiar dari zodia ini yaitu mampu mengusir serangga dan nyamuk. Aroma yang keluar dari tumbuhan ini sangat khas dan tidak disukai oleh nyamuk.

Di beberapa penelitian yang dilakukan, jika daunnya digosokkan ke bagian lengan maupun badan, maka akan mampu mengusir nyamuk bisa sampai dengan 6 jam.

Tumbuhan asal Pulau Papua ini juga mengandung sekitar 46% linalool dan 13% lebih a-pinene. Maka dari itu minyak yang disuling dari tanaman ini cukup ampuh dalam menghalau nyamuk.

Penempatan tanaman zodia ini di ruangan biasanya akan lebih efektif untuk memberikan aroma khas yang dapat mengusir berbagai macam serangga dan nyamuk.