Udang Vaname, Potensi Budidaya Yang Siap Untuk Ekspor

oleh -112 views
udang vaname
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Selain budidaya tanaman, sebenarnya masih banyak pilihan komoditi yang bisa untuk dikembangkan. Salah satu alternatif yang cukup menggiurkan yaitu dengan budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei).

Jenis udang ini cukup potensial untuk dikembangkan, rata-rata hampir sekitar 3.5 trilliun lebih nilai ekonomis dari komoditas ini setiap tahunnya. Indonesia sendiri menjadi negara ketiga terbesar setelah Thailand dan India sebagai pengekspor udang di pasar global. Artinya ada kemungkinan komoditi ini dapat lebih dikembangkan menjadi komoditi yang potensial untuk terus di ekspor.

Salah satu yang sukses mengembangkan budidaya udang ini yaitu kelompok Samudera Vaname di Kampung Sampang, Desa Susukan, Kecamatan Tirtayasa. Dengan memakai sistem intensif, hasil pada tiap kolamnya dibilang cukup produktif, yaitu 3 ton per kolam.

Memang untuk memulai budidaya ini boleh dibilang tidak kecil dari segi pendanaanya. Butuh sekitar 100 jutaan untuk biaya operasional. Akan tetapi omzet yang dihasilkan dapat mencapai sekitar 250 juta.

Keunggulan Udang Vaname

Salah satu keunggulan dari udang ini yaitu ukurannya yang cukup besar. Selain itu pertumbuhannyapun dibilang cukup cepat, yaitu rata-rata 3 g/minggu. Adapun kebutuhan protein bisa dibilang cukup rendah, yaitu sekitar 20-35 % saja jika dibanding udang windu. Udang ini juga dapat ditebar dengan kepadatan tinggi yaitu hingga sampai 150 ekor per meter persegi.

Selain itu dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Kelautan dan Perikanan RI. No. 41/2001 tentang Pelepasan Varietas Udang Vaname Sebagai Varietas Unggul, bahwa udang ini mempunyai keunggulan dalam peningkatan produksi, pendapatan, hingga mampu menyejahterakan petani ikan.