Tips Merawat Bunga Anggrek Agar Tumbuh Maksimal

oleh -33 views
Ilustrasi Bunga Anggrek Foto pinterest
Ilustrasi Bunga Anggrek - Foto : pinterest

Panennews.com – Bunga anggrek (orchidaceae) merupakan salah satu bunga yang memiliki keindahan pada bunganya. Karena keindahan yang dimiliki oleh anggrek membuat bunga ini banyak diminati oleh orang. Bagi para pecinta bunga tentu belum lengkap rasanya kalau tidak memiliki bunga anggrek sebagai salah satu koleksi.

Merawat bunga anggrek ini cukup mudah, asal dirawat dengan baik anggrek bisa tumbuh di berbagai iklim. Pengembangbiakannya juga sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan teknik tertentu.

Indonesia sendiri dikenal sebagai pemilik bunga anggrek dengan jenis paling banyak di dunia. Di tanah air kita terdapat sekitar 3500 jenis spesies anggrek hasil dari kawin silang. Jenis anggrek yang paling banyak dikoleksi di Indonesia adalah jenis dendrobium, karena jenis anggrek ini masih terjangkau, memiliki banyak warna, dan perawatannya juga mudah.

Secara umum bunga anggrek terbagi menjadi 2 jenis yaitu anggrek epiphyt dan anggrek terrestris atau anggrek tanah. Anggrek epiphyt adalah jenis tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tapi tidak mengganggu tanaman tersebut sedangkan anggrek terrestris adalah jenis anggrek yang hidup pada tanah humus yang subur.

Baca Juga :   Peluang Bisnis dari Bisnis Tanaman Hias

Dalam merawat anggrek perlu mengetahui media atau tempat menanam bunga anggrek yang baik sesuai dengan jenis anggrek itu sendiri. Merawat anggrek sebenarnya tidaklah terlalu rumit, bahkan untuk menanam bunga anggrek anda tidak harus menggunakan pot, karena tanaman anggrek bisa menempel pada tanaman lain.

Untuk lebih baiknya bila menggunakan pot tersendiri. Selain memperhatikan media yang digunakan untuk menanam anggrek, Anda perlu memperhatikan lokasi untuk menanam bunga anggrek tersebut.

Pilihlah lokasi yang mempunyai intensitas matahari yang cukup baik, karena pertumbuhan tanaman anggrek sangat terpengaruh dengan intensitas sinar matahari yang didapat. Usahakan untuk menyesuaikan jenis tanaman anggrek berdasarkan tingkat intensitas matahari yang didapat sehingga anggrek bisa tumbuh secara maksimal.

Baca Juga :   Waspada, Beberapa Hama Ini Dapat Menyerang Pada Jamur Tiram

Hal lain yang tidak kalah penting dalam merawat tanaman anggrek adalah ketinggian lokasi untuk menempatkan pot anggrek. Selain kondisi lingkungan ketinggian lokasi penanaman anggrek juga mempengaruhi pertumbuhan anggrek yang anda miliki.

Bila anda tinggal di lokasi dengan ketinggian < 1001 m dpl jenis anggrek yang cocok untuk anda tanam adalah anggrek cymbidium dan anggrek miltonia. Bila anda ingin menanam anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya disarankan menempatkan tanaman ini pada ketinggian 500 sampai 1000 m dpl.

Tempat yang bagus untuk pertumbuhan anggrek adalah tempat yang memiliki angin sepoi-sepoi. Perlu diperhatikan yakni kelembaban udaranya agar tanaman anggrek bisa tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Komentar