Taktik Sukses Membudidayakan Ikan Nila

oleh -30 views
Ilustrasi Ikan Nila Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Nila - Foto : pinterest

Panennews.com – Ikan nila (oreochromis niloticus) adalah jenis ikan yang biasa dikonsumsi dan ikan nila biasa hidup pada air tawar. Ikan nila termasuk jenis ikan yang cukup tinggi peminatnya dipasaran, sehingga budidaya ikan nila bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang melakukan budidaya ikan nila, sebab keuntungan dari bisnis ini sangat menjanjikan. Ikan nila termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan. Proses budidaya juga bisa dilakukan di rumah atau dilahan yang luas.

Lahan yang digunakan tergantung dari besaran budidaya yang akan dilakukan. Berikut pemaparan bagaimana langkah – langkah yang tepat untuk membudidayakannya.

Tempat Pemeliharaan

Dalam buidaya ikan nila kita bisa menggunakan tambak atau terpal untuk kolam ikan. Kita juga bisa membuat kolam dari semen. Namun saat ini lebih banyak yang menggunakan kolam terpal karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Baca Juga :   Ikan Sidat, Ikan Air Tawar Mirip Belut

Proses Pembuatan Kolam

Idealnya kolam ikan nila berukuran 2 x 2 dengan tinggi 2.5 m. Ukuran tersebut bisa membudidayakan ikan nila sekitar 15000 ekor ikan nila.

Banyak yang perlu diperhatikan pada persiapan kolam seperti, sebelum diisi air harus diberi pupuk kandang, kapur, dan garam pada seluruh permukaan kolam lalu diamkan selama dua hari setelah itu isi dengan air. Jika sudah di isi, biarkan selama seminggu lalu masukan bibit ikan nila ke kolam.

Memilih Bibit Ikan Nila

Bibit yang digunakan harus bibit yang bagus. Ada baiknya kita membeli bibit ikan nila dipasar atau tempat pembenihan. Pastikan juga bibit harus dalam kondisi sehat.

Baca Juga :   Mau Ternak Burung Puyuh? Baca Tips nya Di Sini

Perawatan Ikan Nila

Perawatan ikan nila harus dilakukan secara rutin. Hal yang perlu diperhatikan adalah: Pemberiaan makan 2 kali dalam satu hari pada pagi dan sore saja. Berikan vitamain agar mendukung pertumbuhan dengan baik.

Selalu menjaga kebersihan kolam dan sekitar kolam. Jaga kestabilan air dan menggantinya. Pastikan air selalu mengalir agar tidak tercemar penyakit.

Pasca Panen

Setelah melalui proses budidaya, ikan nila akan panen pada 4 – 6 bulan tergantung dari perawatan dan pembudidayaan. Jika sudah panen, kita bisa mengambil hasil tersebut lalu kemudian bisa langsung dipasarkan.

Komentar