Ragam Jamur Yang Beredar Di Pasaran Indonesia

oleh -888 views
Ilustrasi Jamur Foto pinterest
Ilustrasi Jamur - Foto : pinterest

Panennews.com – Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotroph. Heterotroph sendiri berarti “konsumer” atau tidak dapat membuat makanan sendiri dalam rantai makanan dan hanya bergantung pada yang lain.

Di Indonesia, sudah banyak jenis jamur yang beredar di pasaran. Beberapa jenis jamur yang bisa ditemui diantaranya sebagai berikut:

Jamur Kancing

Dikenal dengan nama jamur kancing/button (champignon). Jamur berbentuk bulat putih, dengan diameter ukuran sedang (±4-6 cm). Bagian dagingnya cukup tebal, aromanya tidak terlalu tajam dan rasanya gurih.

Jamur kancing dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari tumisan, sayur berkuah, digoreng kering, bahan tambahan schotel ataupun untuk campuran salad.

Jamur Tiram                        

Dikenal dengan nama jamur tiram/oyster mushroom ( pleurotus ostreatus ). Jamur berwarna putih kecokelatan dan berbentuk pipih mirip tiram ini memiliki rasa yang gurih, tetapi aromanya tidak terlalu tajam.

Baca Juga :   Presiden Kenalkan Hutan Bakau Indonesia Ke Sejumlah Delegasi KTT-10 Di Bali

Ukurannya berkisar antara 5 – 25 cm. Tekstur jamur tiram agak kenyal, dengan bagian dagingnya yang sangat menyerap air. Jika akan diolah menjadi keripik, jamur harus ditiriskan/dilap dengan tisu dapur hingga benar-benar kering. agar menghasilkan keripik yang kering dan renyah

Jamur Kuping

Dikenal dengan nama jamur kuping, Wood’s ear, Jew’s ear ( auricularia auricula-judae). Jamur yang berwarna cokelat kehitam ini memiliki tekstur kenyal dan mudah patah.

Dijual dalam bentuk segar dan kering. Jamur kuping kering harus direndam dalam air terlebih dahulu sebelum diolah agar lunak. Dapat diolah menjadi masakan berkuah, tumisan ataupun untuk isian dalam makanan ringan seperti lumpia.

Jamur Shiitake

Dikenal dengan nama Shiitake ( lentinula edodes ). Jamur yang banyak tumbuh di Asia Timur ini sekarang sudah mendunia. Bagian kepala nya berwarna cokelat agak gelap dan bagian batangnya berwarna putih.

Baca Juga :   Optimalkan Stok, 50 Ribu Ton Beras Guyur Pasar Ritel Modern

Memiliki aroma yang sangat tajam dan rasa yang gurih. Shiitake dapat berbau tidak sedap bila tidak disimpan dalam lemari es, karena menjadi lembab dan bau. Dapat diolah menjadi tumisan, masakan berkuah maupun untuk campuran isian makanan ringan seperti dimsum.

 Jamur Enoki

Dikenal dengan nama enokitake atau enoki ( flammulina velutipes ). Jamur berwarna putih dengan bentuk seperti korek api panjang ini, tidak berbau tajam dan teksturnya sedikit kenyal.

Enoki mudah sekali lunak jika terkena air/minyak panas, oleh karena itu masukkan enoki pada urutan terakhir memasak. Enoki dapat diolah menjadi masakan berkuah, tumisan, bahan pelengkap BBQ dan salad ataupun untuk isian spring roll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.