Ikan Sidat Yang Ternyata Tinggi Gizi Penuh Manfaat

oleh -931 views
Ilustrasi Ikan Sidat Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Sidat - Foto : pinterest

Panennews.com – Ikan sidat (anguilliformes) adalah salah satu jenis ikan – ikanan yang merupakan satu dari sekian protein hewani yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, ikan sidat masih terdengar asing.

Ikan yang bisa hidup di perairan air tawar dan asin itu, masih kalah populer dibanding jenis ikan lainnya di perairan Indonesia. Bahkan, meski fisiknya menyerupai belut sawah (monopterus albus), Sidat tetap belum mendapat tempat di masyarakat Indonesia.

Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terkandung dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk dapat diserap oleh tubuh dengan baik. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam ikan sidat diantaranya, omega 3, asam lemak, vitamin D, vitamin B2, kalsium, fosfor, dan mineral.

Padahal, ikan tersebut popularitasnya sangat tinggi di negeri Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Taiwan. Bahkan, khusus di Jepang, Sidat menjadi santapan favorit warganya yang dikenal dengan sebutan Unagi. Maka dari itu, tak heran jika orang Indonesia lebih mengenal sebutan Unagi ketimbang Sidat.

Baca Juga :   Kementan Gandeng 6 Universitas Kembangkan Diversifikasi Pangan dan Pekarangan Pangan Lestari

Banyak yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi ikan sidat jika mengonsumsi secara rutin, diantaranya sebagai berikut ini.

Mencegah Penyakit Jantung

Konsumsi ikan sidat dengan cara mentah atau biasa disebut dengan sashimi sudah cukup populer. Cara mengkonsumsi seperti ini ternyata mencegah terjadinya sakit jantung. Di Jepang langka sekali ditemukan orang yang memiliki sakit jantung coroner, dikarenakan masyakarat jepang suka mengkonsumsi ikan dengan cara ini.

Sebagai Pendamping Lauk Dari Nasi

Jika bosan hanya dengan makan siang menggunakan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai memasukkan ikan sebagai daftar menu pendamping nasi. Ikan merupakan sumber protein hewani yang mempunyai banyak keunggulan, di antaranya adalah: mengandung banyak vitamin,protein,mineral dan memiliki sedikit kalori.

Ikan menjadi pilihan rekomendasi untuk yang berkeinginan menjaga kesehatan pencernaan selain dari apa yang kita dapatkan dari mengonsumsi sayur – sayuran. Banyaknya gizi yang terdapat pada ikan juga cukup baik untuk tubuh, seperti asam amino esensiil dan juga non esensiil.

Baca Juga :   KKP Melalui Budidaya Ikan Hias Nemo, Dukung Konservasi Alam

Mencegah Penyakit Kolesterol

Orang yang mudah terkena penyakit jantung koroner adalah seseorang yang memiliki jumlah kolesterol di atas 300 mg/dl. Tapi, bahaya dari penyakit kolesterol tidak bisa berlangsung apabila sering mengonsumsi ikan. Itu dikarenakan pada bagian tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan yang sangat tinggi. Kegunaan minyak ikan (cold liver) yang ada di dalamnya, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung yaitu asam lemak omega.

Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Keuntungan dari mengonsumsi ikan bisa mencegah terjadinya penyakit – penyakit berat, seperti gagal jantung, atau sakit berat yang lain. Olahan ikan yang bagus dapat mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang terlalu banyak, dapat meningkatkan HDL (kolesterol yang bagus), dan menghindari timbulnya pembekuan darah. Hal ini secara keseluruhan bisa mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.