Buah Mengkudu Sebagai Obat Herbal Yang Penuh Khasiat

oleh -200 views
Ilustrasi Buah Mengkudu Foto pinterest
Ilustrasi Buah Mengkudu - Foto : pinterest

Panennews.com – Manfaat buah mengkudu memang tak sepahit rasanya. Manfaat buah mengkudu biasa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi. Cara mendapatkan manfaat buah mengkudu biasanya dengan mengolahnya menjadi jus atau mengonsumsi ekstrak mengkudu.

Kini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan manfaat buah mengkudu. Saat ini, olahan buah dijual sebagai jus, dalam bentuk kulit buah kering, dan sebagai ekstrak kering dalam bentuk kapsul. Meski rasa mengkudu amat pahit, masih banyak orang yang mengonsumsi buah ini untuk kebutuhan kesehatan.

Manfaat buah mengkudu didapat dari kandungan banyak zat, termasuk kalium. Beberapa zat ini dapat membantu memperbaiki sel – sel yang rusak dalam tubuh, mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa alasan mengkonsumsi buah mengkudu.

Baca Juga :   Ketahui Kandungan Buah Jambu Air Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mencegah Kanker

Buah mengkudu yang memiliki nama latin (morinda citrifolia) ternyata bermanfaat untuk mencegah kanker dan tumor. Dengan kandungan antioksidan di dalam mengkudu, mampu mengatasi risiko terjadinya penyakit mematikan ini. Buah yang terkenal dengan rasanya yang pahit, diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

Anti Mikroba

Sari buah Mengkudu mampu berfungsi sebagai obat alami pencegah penyakit yang berhubungan dengan bakteri. Kandungan zat skopoletin dan anthraquinon yang ada dalam mengkudu ini berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan sebagai anti jamur. Karena, dengan sifat anti septiknya, berguna untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme.

Baca Juga :   Dibalik Banyaknya Gizi, Ada Sederet Manfaat Jika Konsumsi Ikan Gurame

Hal inilah menjadi alasan yang membuat mengkudu dapat berkhasiat sebagai anti bakteri, anti alergi dan anti radang. Sedangkan, kandungan alkaloid yang ada tersebut juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Bagi yang memiliki kenaikan kolestrol, bisa segera mengatasinya dengan mengonsumsi mengkudu. Karena akibat penyakit ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Menjadikannya sebagai jus, bisa menjadi pilihan untuk membantu mengurang kolestrol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Dimana lipoprotein tersebut merupakan jenis kolesterol yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.