Tips Menanam Tumbuhan Obat Keluarga Di Pekarangan Rumah

oleh -303 views
Ilustrasi Rempah Rempah
Ilustrasi Rempah Rempah - Foto : Pinterest

Panennews.com – Tanaman obat keluarga (toga) memiliki cara khusus agar tanaman tumbuh dengan baik. Dari sekian banyaknya tumbuhan toga, kunyit dan jahe adalah tumbuhan yang paling banyak digunakan. Disamping sering digunakan, cara penanaman yang mudah juga biasanya menjadi alasan kuat untuk memilihnya.

Kedua jenis rempah ini dapat tumbuh pada ketinggian 300 – 1,000 meter dpl. Misalnya jika menanam jahe, dianjurkan tidak  terpapar matahari langsung. Sebaiknya didekatkan dengan tanaman yang lebih tinggi sebagai pelindung. Lain halnya dengan jahe, kunyit lebih fleksibel, karena tidak diwajibkan menggunakan tanaman pelindung. Tetapi bila memang ditanaman tanpa peneduh, maka rimpangnya akan tumbuh besar.

Baca Juga :   Baobab, Tumbuhan Obat Herbal Yang Mulai Langka

Lebih lanjut, media tanam bisa menggunakan polybag maupun langsung di tanah. Jika ditanam langsung tanpa polybag, sebaiknya lahan diolah terlebih dahulu agar gembur. Untuk menggemburkan lahan bisa dengan cara mencangkul, lalu dicampurkan pupuk. Penggunaan pupuk bisa menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang maupun kompos.

Adapun pada pemilihan benih, pilihlah benih yang sudah memiliki bakal tunas 2 – 3 tunas, setelah itu baru ditanam. Jangan terlalu dalam menanam, agar tunas tidak terpendam. Siram setiap hari dengan volume air secukupnya, agar terhindar dari pembusukan.

Baca Juga :   Hebat! Kini Kopi Lokal Bisa Tembus Pasar Eropa

Umumnya memanen jahe dan kunyit memerlukan waktu 10 bulan dari masa penanaman. Untuk memulai panen dianjurkan agar membasahi tanah dulu, lalu menggunakan alat bantu garpu tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.