Tips Budidaya Ikan Arwana Bagi Pemula

oleh -31 views
Ilustrasi Ikan Arwana Super Red
Ilustrasi Ikan Arwana Super Red - Foto : pinterest

Panennews.com – Ikan arwana (scleropages formosus) merupakan ikan hias yang berasal dari Asia Tenggara ini hidup di air tawar. Di Indonesia jenis ikan hias ini cukup banyak digemari. Saking banyaknya yang memelihara membuat harga jualnya terbilang cukup tinggi.

Harga arwana dengan kualitas terbaik bisa tembus di angkat 10 juta rupiah per-ekornya. Bila anda berminat untuk mencoba bisnis ikan hiasi ini, maka membudidayakannya patut dicoba. Apa saja yang dibutuhkan dalam memulai bisnis budidaya arwana? berikut langkahnya :

Persiapkan Media Budidaya

Langkah pertama persiapkan akuarium sebagai media budidaya. Untuk tahap awal disiapkan 5 buah akuarium serta perlengkapan penunjang seperti alat ukur suhu, pemanas (heater), aerator, filter air, dan lampu penerang.

Memilih Jenis Ikan

Jenis ikan arwana di Indonesia sangat beragam, tetapi jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka anda bisa memilih jenis arwana super red. Jenis super red untuk ukuran dewasa bisa di hargai kisaran 6 juta rupiah. Adapun benihnya bisa mencapai 1 juta rupiah. Peminat jenis super red sendiri terbilang cukup banyak, sehingga memudahkan anda untuk memasarkan hasil budidaya yang anda lakukan.

Baca Juga :   Mengenal Ikan Soaboa yang Cocok untuk Koleksi Anda

Mempersiapkan Indukan

Kualitas indukan arwana sangat berpengaruh terhadap hasil panen atau keuntungan yang akan diperoleh. Ciri indukan ini yang siap digunakan bisa memilih pada usia 5 tahun atau lebih. Selain itu, untuk membedakan indukan yang jantan atau betina, anda bisa melihat bentuk tubuh dan kepalanya. Indukan betina memiki bentuk kepala dan tubuh yang lebih kecil dari pada jantan.

Waktu Budidaya

Perhatikan ikan mana yang telah menemukan pasangannya berdasarkan perilaku ikan arwana yang ada di dalam akuarium. Apabila terdapat dua ikan yang berlainan (jantan dan betina) sering berenang bersama maka dapat dipastikan ikan tersebut telah menemukan pasangannya. Segera pindahkan pasangan tersebut ke dalam akuarium khusus untuk pengembangbiakan. Buat akuarium untuk pengembangbiakan senyaman mungkin untuk menunjang pengembangbiakan ikan.

Baca Juga :   "Lezatnya" Peluang Bisnis Bebek Pedaging

Pembesaran Benih

Setelah melalui masa kawin dan penetasan, anakan ikan arwana biasanya mempunya ukuran sekitar 1 cm. Untuk membantu perkembangan benih agar tumbuh maksimal, disarankan memberikan pakan berupa cacing pita.  Setelah benih mencapai ukuran lebih kurang 12 cm, maka benih tersebut sudah bisa dipisahkan dari indukan.

Komentar