Tak Perlu Pupuk, Produksi Padi di Desa Muhuran Bisa Produktif

oleh -34 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Sektor pertanian, khususnya di bidang tanaman padi menjadi pangan pokok di Indonesia. Salah satu diantara banyaknya pertanian di bidang tersebut adalah yang terjadi di Desa Muhuran kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara yang berpotensi menjadi salah satu lumbung padi di Kaltim.

Dengan sekitar 158 hektare lahan persawahan yang langsung digarap masyarakat desa, hamper selalu menjadi lahan produktif dengan total rata-rata produksi 3-6 ton per hectare dengan kualitas yang sangat baik.

Hal yang berbeda dengan pertanian pada umumnya, pertanian di desa tersebut berada di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Belayan dan tidak perlu dipupuk, lantaran tumbuh dengan sendirinya. Sistem tanam padi di desa mengandalkan lahan pertanian yang mengandalkan air hujan, sehingga musim hujan bisa jadi sangat berarti di desa.

Baca Juga :   Apa itu Tanaman Transgenik Dan Bagaimanakah Tanaman ini Dibuat?

Meskipun terbatas pada kondisi musim yang tidak menentu, pertanian di desa tersebut cenderung sangat produktif karena masih bisanya memanen bahkan terkena banjir serta tenggelam.

Terdapat 9 kelompok tani dengan total anggota 220 orang di desa tersebut menjadikan produksi pertanian menjadi salah satu sector pokok yang dijadikan sumber pendapatan utama.

Komentar