Pempek Antarkan Palembang Jadi Empat Besar Kota Ekonomi Kreatif Terbaik

oleh -14 views
pempek
Ilustrasi Pempek Panggang Palembang– Foto: freepik.com

Panennews.com – Siapa yang tak kenal dengan Pempek sebagai salah satu kuliner khas dari Palembang? Pasti hampir dari kita tidak asing dengan kuliner berbahan dasar ikan tersebut karena penyebarannya yang hampir menjarah seluruh pelosok negeri. Tidak hanya terkait dengan bisnis rumahan belaka, pempek yang berbahan dasar ikan juga menggambarkan betapa khasnya rasa ikan Indonesia jika diolah menjadi suatu sajian makanan tradisional.

Dengan pengelolaan yang baik, maka ikan yang berkualitas dapat menjadi sumber penghasilan paling menjanjikan melalui olahan pempek ini. Hal ini terbukti dari terpilihnya Palembang dalam empat besar kota ekonomi kreatif terbaik di Indonesia lantaran fokus terhadap industri kuliner pempek. Pemanfaatan ikan menjadi latar belakang tentang bagaimana makanan pempek ini kemudian dikenal.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Harrey Hadi, mengatakan bahwa keberhasilan Palembang menjadi kota ekonomi kreatif terbaik tidak lepas dari peran serta pelaku UMKM, khususnya para industri pempek (9/10/2019). Prestasi tersebut juga paling tidak menggambarkan bagaimana keberhasilan masyarakat Palembang dalam memaksimalkan potensi kuliner berbahan dasar ikan tersebut.

Tidak hanya dalam lingkup lokal, keberhasilan Palembang dalam menampilkan makanan pempek ini juga merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan laporan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terkait kontribusi terbesar ke Produk Domestik Bruto (PDB) adalah kuliner dengan besaran 41,4% atau lebih dari Rp1.000 triliun.