Mengenal Lebih Jauh Teknik Proses Roasting Pada Kopi

oleh -170 views
Roasting Kopi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Proses roasting pada kopi merupakan proses pemanggangan biji kopi agar mengeluarkan rasa aslinya. Semakin lama proses roasting akan membuat biji kopi menjadi gosong. Jika semakin gosong aroma yang akan dihasilkan semakin kuat.

Level roasting terbagi menjadi 3 yaitu light roast, medium roast dan dark roast. Light roast memiliki warna yang paling terang yaitu coklat kekuningan, medium roast termasuk roasting yang sering digunakan sedangkan dark roast biasanya berwarna paling gelap dan berminyak.

Hal yang perlu diperhatikan ketika proses roasting yaitu memastikan green bean kopi memiliki tingkat kadar air 11%. Setalah proses roasting selesai kadar green bean akan menurun menjadi 4%. Selanjutnya mengenali karakter dan menentukan rasa kopi terbaik yang dihasilkan green bean.

Buang rasa-rasa yang tidak perlu seperti grassy, carbony, earthy atau gangguan lain agar kopi tidak mudah gosong. Jika sudah, masukkan green bean ke dalam mesin roasting. Pemanggangan proses green bay harus dilakukan secara bertahap.

Baca Juga :   Kemenperin Sebut Industri Teh Artisan Punya Potensi Untuk Dikembangkan

Mulai dari hijau kekuningan, kuning menjadi coklat, coklat menjadi kehitaman hingga berwarna gelap. Pastikan proses roasting mengalami 2 kali letupan. Setelah itu, rasakan setiap perubahan aroma pada biji kopi di setiap menit saat roasting.

Proses roasting pada kopi memiliki tingkatan yang sempurna dan tepat. Tergatung dari selera masing-masing pecinta kopi. Setelah melewati proses roasting yang panjang, biji kopi akan digiling menjadi bubuk agar kopi dapat diseduh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.