Kebun Teh Lawang Jadi Ikon Agrowisata Jawa Timur

oleh -25 views
Ilustrasi Kebun Teh
Ilustrasi Kebun Teh - Foto : Freepik

Panennews.com – Salah satu keunikan lahan perkebunan dewasa ini adalah beragamnya fungsi yang dapat dimanfaatkan tidak hanya bagi pemilik kebun, namun juga terhadap masyarakat luas pada umumnya. Seperti halnya pada Perkebunan Teh Lawang yang terletak di daerah Malang, Jawa Timur. Selain memproduksi hasil teh unggulan, lahan perkebunan tersebut juga dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata yang patut untuk dicoba. Diwacanakan bahwa Wisata Agro Wonosari atau Kebun Teh Lawang tersebut akan dibangun dengan konsep wisata milenial oleh PT Perkebunan Nusantara XII, sehingga harapannya kebun teh ini selain tetap mempertahankan kualitasnya dalam memproduksi teh, juga dapat dijadikan ikon agrowisata terlengkap di wilayah Jawa Timur.

Baca Juga :   4 Fakta Unik Yang Ada Pada Tanaman Kopi

Perkebunan ini memang telah berdiri sejak lama, namun kebun teh ini belum begitu populer. Beberapa penyebabnya adalah karena wahana wisata yang disuguhkan hanya sebatas kolam renang dan wahana hamparan kebun teh saja. Perlunya penambahan beberapa wahana untuk menunjang perkebunan ini diperkirakan akan tentu membawa dampak yang cukup baik terhadap usaha perkebunan dengan konsep wisata.

Dengan luas mencapai 1.100 hektare, dengan luasan agro wisata seluas 5 hektare, pemanfaatan Kebun Teh Wonosari ini sebenarnya cukup komplit. Tempat ini layak, digunakan dalam berbagai acara keluarga, konser musik, berolahraga, baik skala lokal maupun internasional.

Baca Juga :   Pecinta Durian Wajib Tahu Agrowisata Ini

Dukungan Pemerintah untuk senantiasa memberikan stimulan yang suistnable dan berkepastian sangat dibutuhkan, sehinggal program tersebut benar-benar mampu mencapai target utamanya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha, khususnya di lingkup pesantren.

Komentar