Inkopsim Fasilitasi Peternakan Ayam Potong di Pesantren

oleh -40 views
Ilustrasi Peternakan Ayam
Peternakan Ayam - Foto: IG/broilerfarm

Panennews.com – Dunia peternakan tidak hanya terpaut bagi mereka yang bekerja di lingkup masyarakat luas, melainkan juga bagi mereka yang memanfaatkan pertanian sebagai wadah untuk meningkatkan kemandirian berbagai koperasi dan usaha lainnya. Hal inilah yang terjadi pada Induk Koperasi Syirkah Muawanah (Inkopsim) dalam rangka memfasilitasi kemandirian pondok pesantren maka didirikanlah peternakan ayam potong di sejumlah pesantren di Pulau Jawa. Pendirian peternakan ayam itu dilakukan atas kerja sama Kementerian Peternakan RI.

Implementasi peternakan ini sebagaimana yang telah dilakukan pada peternakan ayam potong di Pondok Pesantren Al-Amin, Kota Kediri, Jawa Timur yang diasuh oleh KH Anwar Iskandar. Dengan didirikannya peternakan tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif bisnis pesantren sekaligus bisa menjadi wadah belajar dan praktik keterampilan santri dalam beternak ayam potong. Keberadaan peternakan ayam potong atas kerja sama ini merupakan upaya untuk mendongkrak pesantren agar bisa lebih mandiri secara ekonomi, sehingga dapat menutupi biaya operasioal pesantren yang relatif cukup besar.

Dibanding usaha lainnya, peternakan ayam sangat tepat didirikan di pesantren karena peternakan jenis unggas tersebut tidak terlalu rumit pengelolaannya, namun untung yang dapat diperoleh lumayan sangat menjanjikan jika pengelolaannya tepat. Santri dapat dengan mudah belajar dan berpraktek tentang cara-cara beternak ayam, dan bisa jadi bekal yang dapat dibawa ke rumah untuk diimplemtasikan sebagai bisnisnya sendiri.

Dukungan Pemerintah untuk senantiasa memberikan stimulan yang suistnable dan berkepastian sangat dibutuhkan, sehinggal program tersebut benar-benar mampu mencapai target utamanya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha, khususnya di lingkup pesantren.