Beberapa Trik Cegah Kelelawar pada Tanaman Mangga

oleh -12 views
Buah Mangga
Ilustrasi Buah Mangga : Foto : Freepik

Panennews.com – Bertanam mangga merupakan salah satu sektor pertanian yang cukup menguntungkan. Pasalnya perawatannya tidak terlalu sulit dan hasil panennya berlimpah. Namun, harus berhati-hati pada serangan kelelawar. Sehingga petani perlu mengetahui trik cegah kelelawar pada tanaman mangga.

Guna mencegah atau menghindari serangan hama kalong, bisa dengan membungkus buah menggunakan plastik transparan berukuran setengah hingga satu kilo. Kemudian beri lubang-lubang kecil pada plastik, tujuannya sebagai sirkulasi air dan udara.

Kemudian masukkan buah mangga ke dalam plastik lalu jepit menggunakan stapler untuk menutupnya. Usahakan pemasangannya pas dan plastik tidak melorot. Selanjutnya awasi perkembangannya, jika terlalu banyak uap air di dalam plastik, maka buah akan cepat busuk. Sehingga perlu lubang tambahan.

Baca Juga :   Mengenal Rempah Vanili Yang Ada Di Indonesia

Trik berikutnya yang bisa dicoba yaitu dengan meningkatkan penerangan pada kebun mangga. Seperti yang diketahui bahwa kelelawar sensitif terhadap cahaya. Kemudian juga bisa memberikan bau-bauan menyengat di sekitar pohon mangga. Contohnya terasi, bau minyak eukaliptus, dan kayu manis.

Selain itu, petani juga bisa menggunakan pertisisda lain yang dijual di toko-toko. Cara terbaik untuk menghindari banyak kerugian akibat serangan kalong, yaitu segera memanen buah yang sudah masak. Tujuannya selain agar buah tidak dimakan kelelawar juga agar tidak rontok berjatuhan.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Singkong

Masih banyak trik cegah kelelawar pada tanaman mangga yang bisa dilakukan, seperti menggunakan cermin dan membiarkan katak pada kebun mangga.

Komentar