Trend Urban Farming, Solusi Berkebun di Perkotaan

oleh -21 views
Pertanian Hidroponik
Ilustrasi Pertanian Hidroponik - Foto : Jawapos.com

Panennews.com – Bertani tidak melulu dilakukan di lahan sawah yang luas. Bagi masyarakat di perkotaan juga bisa bertani secara mandiri dengan memanfaatkan lahan terbatas, seperti di pekarangan rumah maupun kantor. Istilah ini sering disebut Urban Farming atau pertanian dengan lahan sempit di perkotaan yang idealnya bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan atau kelangkaan pangan di masyarakat kota.

Disebut kegiatan bertani mandiri, karena hasil pertaniannya akan di olah untuk dikonsumsi sendiri. Atau bisa juga distribusikan ke tempat lain. Kegiatan urban farming juga sama seperti bertani pada umumnya, yaitu menanam sayur-sayuran, jamur, umbi-umbian, dan buah-buahan. Urban Farming juga bisa dilakukan dalam bentuk beternak hewan, semisal unggas, sapi, kambing, domba, dan kelinci.

Sebagai contoh program urban Farming di tingkat daerah yang telah diterapkan di Kota Surabaya, Jawa Timur sejak 2010. Urban Farming di Surabaya dilakukan dengan cara memberdayakan kelompok-kelompok tani.

Program urban Farming selama ini disuarakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di beberapa kesempatan. Bahkan, Risma menyampaikan materi penanganan ketahanan pangan hingga pengentasan kemiskinan melalui urban Farming saat menjadi pembicara di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York pada 19 Februari 2018.

Urban Farming tidak sekadar tren gaya hidup masyarakat urban. Kegiatan ini dapat menjadi peluang bisnis. Tentunya kegiatan ini turut menciptakan lapangan pekerjaan baru dan pendapatan untuk masyarakat yang hidup di perkotaan.

Karena urban Farming, masyarakat sekitar jadi lebih sering mengonsumsi buah dan sayuran yang segar dari hasil urban Farming. Hasil urban Farming bisa diakses dengan mudah dan cepat. Kegiatan urban Farming pun dapat dimanfaatkan sebagai sarana melatih fisik menjadi lebih kuat dan membuat tubuh jadi lebih bugar. Dengan begitu, kita bisa dapat manfaat kesehatan, seperti menghilangkan stres serta menjaga kesehatan mental secara keseluruhan.

Melakukan urban Farming tidak sulit kok. Dengan memanfaatkan lahan kecil seperti di balkon, teras, atau atap rumah, kamu bisa membuat taman mikro. Kamu bisa menanam pohon di tanah langsung atau menggunakan wadah berupa pot, botol, ember bekas, hingga ban bekas.