Ternyata Limbah Kertas Bisa Jadi Pupuk Tanaman

oleh -36 views
8 - limbah kertas
ilustrasi Limbah Kertas - Foto : Freepik.com

Panennews.com – Pemanfaatan limbah sebagai bahan dasar untuk daur ulang tentu bukan merupakan hal baru. Salah satu pemanfaatan limbah ini adalah yang diperuntukkan untuk kebutuhan pertanian, yaitu pemanfaatan limbah kertas untuk keperluan pupuk.

Limbah kertas hasil proses produksi pabrik atau aktivitas manusia dapat didaur ulang menjadi produk baru yang ternyata sangat bermanfaat. Limbah dari kertas ini yang  padat dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu sludge, biossludge dan pith yang masing-masing bagian dari pembuatan kertas.

Contoh implementasinya adalah sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Komaryati dan Ridwan “Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Padat Industri Kertas” menjelaskan bahwa limbah padat dari industri kertas sisa pengolahan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) memiliki kandungan hara yang cukup sesuai untuk dijadikan sebagai pupuk organik atau pupuk untuk budidaya.

Baca Juga :   Tinjau Ketersediaan Pupuk Subsidi, Mentan Pastikan Cukup untuk Kalsel

Untuk lebih mengoptimalkan fungsi pupuk hasil limbah tersebut, mencampurkannya dengan pupuk organik juga akan memberikan potensi lebih besar untuk menyediakan bahan organik yang dibutuhkan oleh tanaman seperti bawang merah atau tanaman lainnya yang masuk satu jenis rumpun dengannya.

Kandungan unsur hara pada limbah padat kertas dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang berkualitas. Selain untuk mengurangi dampak limbah, pemanfaatan limbah kertas ini juga akan memberikan alternatif baru bagi petani dalam pemenuhan kebutuhan akan pupuk tanaman yang terjangkau

Komentar