Ternak Ikan Cupang Mudah dan Menjanjikan Hasilnya

oleh -87 views
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo - Foto : Pinterest

Panennews.com – Ikan cupang terkenal dengan keindahannya sebagai ikan hias. Sekarang ini sangat banyak orang yang berminat untuk memelihara ikan cupang di rumahnya.

Tidak hanya berminat memelihara saja, sekarang juga banyak yang ingin membudidayakan ikan cupang. Sudah banyak artikel-artikel yang memuat tentang cara ternak ikan cupang ini, tinggal kita mengikuti cara-caranya dengan baik.

Sebenarnya, ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Bahkan cara ternak ikan cupang ini tidak memerlukan tempat luas dan modal yang besar, karena bisa dilakukan di rumah saja.

Seperti yang dijalani Ipda Sarwo Edy di sela-sela rutinitas kesibukan nya sebagai kanit lidum (pidana umum) Polres Kediri Kota yang setiap hari selalu berurusan dengan perkara hukum. Sarwo Edy selalu meluangkan waktunya untuk mengelolah usaha sampingan yang telah ditekuninya selama tiga tahun. Menurut  bapak dua anak asal Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, ini, awalnya ia sama sekali tidak paham benar  tentang tata cara pengelolaan budidaya ikan cupang. Namun karena sudah mendapat arahan dan bimbingan dari para tetangga, Sarwo Edy akhirnya mengerti.

Baca Juga :   Ikan Gabus, Si Haruan Dari Asia

Dalam pemasaran ikan cupang hasil ternakannya Edy biasanya melayani pembelian langsung di rumah dan anaknya membantu pemasarannya secara online. Pemesannya banyak dari luar kota, yakni Semarang dan Solo. Sementara saya melayani pembeli dari wilayah Tulungagung dan seputaran Kabupaten Kediri saja,” kata Sarwo Edy.

Setiap kali transaksi, para  pedagang yang datang ke tempatnya membeli dalam jumlah 5 ribu-10 ribu ekor. Pelanggan yang datang tidak hanya berlatar belakang profesi pedagang, melainkan juga dari dinas maupun perangkat desa.

Dari rintisan usaha yang dijalaninya selama kurun waktu tiga tahun itu, Sarwo Edy mengaku  mendapatkan omzet pendapatan sekitar  Rp 4 juta dalam sebulan. “Lumayan Mas, buat usaha sampingan ekonomi. Omzet per bulan dari pelihara ikan ini rata rata Rp 4 juta. Bersih itu, sudah termasuk untuk pekerja dan pakan ikan, ” ungkap nya.

Komentar