Teknik Budidaya Udang Di Air Tawar Dengan Akuarium

oleh -623 views
Akuarium
Akuarium - Foto : Pinterest

Panennews.com – Budidaya udang di air tawar menggunakan akuarium menjadi satu alternatif baru. Hal ini karena penggunaan kotak kaca ini dirasa mudah dan simpel. Berbeda dengan penggunaan tambak yang memerlukan area luas, di akuarium jauh lebih praktis dan dapat diterapkan pada kelas rumahan.

Untuk itu, metode ini dapat membantu anda dalam pembudidayaan udang dengan menggunakan akuarium dengan baik dan benar.

Akuarium

Bagian pertama ialah mempersiapkan akuarium. Anda bisa dengan mudah membeli akuarium di toko penjualan dengan ukuran yang bervariatif. Jika akan membuatnya sendiri, maka sebaiknya menggunakan ukuran kaca yang tebal.

Baca Juga :   Perkenalkan Ekonomi Biru, Program Tangkap Ikan Terukur Diminati Investor

Gunakan akuarium yang berukuran 1 meter persegi dengan ketinggian 80 – 100 cm. Setiap akuarium direkomendasikan hanya untuk 10 ekor udang.

Bibit Udang

Setelah mempersiapkan tempat, maka pemilihan bibit menjadi tujuan selanjutnya. Pemilihan bibit harus yang sehat. Ciri utama bibit yang sehat diantaranya warna kulit cerah, bergerak aktif,ukuran bibit dan bobot seimbang. Idealnya bibit yang baik memiliki bobot 0,1 gram – 0,3 gram.

Penunjang perkembangan bibit tidak jauh melalui pakan dan vitamin yang diberikan. Pakan yang baik bisa berupa biji jagung, tepung terigu, ketan padi, white germ meal, dan rice brean. Selain itu, penggunaan vitamin juga sangat anjurkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.