Susi Pudjiastuti: Sosok Maritim Indonesia

oleh -117 views
Susi pujiastuti
Sosok Tokoh Menteri - Foto: IG_ susipudjiastuti115

Panennews.com“…Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang yang pintar, tapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang menyerah. Bagaimana caranya mewujudkan Impian agar sukses, Kunci Suksesnya adalah Komitmen dengan apa yang kita jalani.”, begitu ungkap Susi Pudjiastuti, seorang yang banyak menginspirasi kalangan masyarakat di bidang maritim.

Sosok Menteri Kelautan dan Perikanan Periode 2014-2019 yang seringkali viral dengan jargon “Tenggelamkan!!!” karena kontroversi kebijakan penenggelaman kapal nelayan ilegal di wilayah perairan Indonesia. Meski desakan sana-sini, sosok Menteri perempuan tersebut tetap berdiri kekeuh dan mempertahankan kebijakannya tersebut. Tak heran jika kegigihannya tersebut banyak mengundang dukungan dan apresiasi sang Menteri dalam setiap pengambilan kebijakannya.

Baca Juga :   Belajar dari Basiri, Penggiat Pertanian Hidroponik

Dibalik sosoknya yang terkenal saat ini, perempuan kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 sempat menjadi penjual ikan dengan modal menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal Rp.750.000 di Pangandaran pada tahun 1983. Karena keputusannya memulai dunia bisnis itupun akhirnya Susi putus SMA. Berawal dari usaha kecil itu jugalah yang membuatnya menjadi salah satu wirausaha terkemuka, seperti didirikannya PT. ASI Pudjiastuti Merine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang terkenal dengan merek “Susi Brand”.

Setelah binisnya tersebut mencuat hingga ke manca negara, Ia juga kemudian membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar menggunakan pinjaman bank. Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan kemudian.

Terlepas dari masa lalunya yang meroket tersebut, sosok Susi Pudjiastuti yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014 menjadi Menteri dengan lapangnya melepaskan semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi strategis lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan.

Baca Juga :   Reinwardt, Sosok Dibalik Kemashuran Kebun Raya Bogor

Dengan kegigihannya menjadi Menteri, segudang prestasi ia raih diantaranya adalah Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC pada tahun 2011, Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat tahun 2008, Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009, Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB tahun 2011, serta beberapa prestasi lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.