Rahasia Tumbuh Subur Industri Makanan dan Minuman di Indonesia

oleh -273 views
Fast Food
Ilustrasi Fast Food : Foto : Freepik

Panennews.com – Industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional pada tahun depan. Peran penting sektor strategis ini terlihat dari kontribusinya yang konsisten dan signfikan terhadap produk domestik bruto (PDB) industri non-migas serta peningkatan realisasi investasi.

Adapun faktor yang mendorong suburnya industri makanan minuman adalah karena mudahnya akses memperoleh bahan baku. Sebagian besar bahkan hampir semua komponen industri ini dapat diperoleh dari dalam negeri.

Penggunaan komponen dalam negeri otomatis dapat mendongkrak nilai tambah dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Nilai tambah dari bahan baku dan input lainya dimana bahan baku menjadi share terbesar dari nilai tambah, kalau nilai tambah semakin besar maka pertumbuhan ekonominya juga akan semakin besar.

Baca Juga :   Korporasi Indonesia Gandeng Tiongkok Bangun Pabrik Sarang Walet di Shanghai

Selain itu, industri makanan dan minuman saat ini juga didominasi oleh Industri Kelas Menengah (IKM) yang merupakan salah satu tulang punggung roda pertumbuhan ekonomi nasional. IKM menjadi priorotas bagi kita semua tidak hanya menjadi trigger (pemicu) pertumbuhan paling tinggi tapi juga penyerapan tenaga kerja paling besar

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono menyebutkan industri makanana dan minuman menjadi sektor yang tumbuh paling tinggi dibanding industri lainnya.  “Makanan dan minuman tumbuh lebih tinggi. Historical data lima tahun terakhir paling tinggi dari sektor lain, rata-rata 8 sampai 9 persen pada lima tahun terakhir,” kata dia dalam acara Workshop Pendalaman Kebijakan Industri, di Padang, Selasa (8/10/2019). Achmad Sigit optimis industri ini dapat tumbuh hingga double digit jika terus diupayakan untuk berkembang. Salah satunya dengan penerapan industri 4.0 yang sudah mulai digaungkan di Tanah Air. Ia berharap industri makanan dan minuman nasional terus berkembang melakukan upaya-upaya strategis dan inovasi guna memacu daya saingnya agar mampu berkompetisi di tingkat global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.