Pinjaman Modal Peternakan Berbasis Syariah

oleh -26 views
peternakan sapi
Peternakan Sapi - Foto : Freepik

Panennews.com – Kerjasama antara beberapa lembaga dengan startup membawa berkah bagi kelompok ternak. Tak lama ini, lembaga filantropi, Dompet Dhuafa dan start up Agritech, TaniHub Group membangun kerjasama dalam pemenuhan modal dengan konsep Syariah sebesar Rp. 2 miliar.

Pinjaman ini diperuntukkan bagi setiap kelompok ternak, sebanyak 25 kelompok ternak (dengan permodalan 2.000 ekor kambing) diperkirakan akan mendapatkan modal tersebut. Kelompok ternak yang ditargetkan tersebar di beberapa wilayah seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, sebagian Sumatera, Banten, dan sebagian di Flores Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :   Keuntungan Budidaya Bisnis Bibit Durian yang Menggiurkan

Konsep permodalan syariah ini dikembangkan dengan sistem bagi hasil. Metodenya adalah pinjaman lunak yang bersahabat dengan mengutamakan kebutuhan petani yang pengembaliannya dikembalikan ke lander (peminjam).

Kerjasama yang dihasilkan akan menghasilkan program pembiayaan khusus dari salah satu unit bisnis TaniHub, Tanifund untuk pemberdayaan kelompok ternak kambing, jaringan mitra Dompet Dhuafa.

Harapannya, dengan pinjaman permodalan ini akan berdampak pada kesejahteraan peternak dan peningkatkan kapasitas ternak, sehingga pendapatan juga meningkat.

Komentar