Penanganan Sampah Laut, Kementerian LHK Gelar Gerakan Indonesia Bersih (GIB)

oleh -18 views
Impactfluencer Forum 2019
Foto: Biro Perencanaan dan Informasi Kemaritiman

Panennews.com -Pemerintah yang diwakili Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan World Bank selenggarakan Impactfluencer Forum 2019 sebagai bagian dari upaya sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih (GIB) di Jakarta pada Rabu 9 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut diusung dalam rangka untuk mendukung penangananan sampah laut dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap krisis sampah plastik khususnya di laut (marine plastic debris).

Forum yang mengangkat tema Creating Waves of Change ini dilakukan dengan konsep Roadshow sejak tanggal 2-13 Oktober 2019. Influencer selain dengan follower-nya yang banyak, juga memiliki peran dalam ikut serta mengkampanyekan gerakan ini.

Beberapa influencer yang turut diundang dalam forum tersebut adalah para tokoh publik yang peduli dengan lingkungan hidup, seperti Eyang Titik Puspa, Kaka Slank, pendiri Inspigo Yoris Sebastian, pegiat Divers Clean Action Swetinia Puspa Lestari, Miss Earth Indonesia 2018 Ratu Vasthi, serta beberapa nama yang lain yang sudah tidak asing lagi di telinga khalayak ramai.

Influencer diminta untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran bagi followers mereka untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebagai agen perubahan, peran millennials tentunya menjadi fokus utama diselenggarakannya agenda ini, sehingga target pengurangan sampah plastik di laut bisa terealisasikan.

Tidak hanya di Jakarta, kegiatan Roadshow semacam ini direncanakan juga akan dilaksanakan di beberapa daerah yang lain di Indonesia serta mengajak berbagai kerjsama dengan Kementerian lembaga lainnya untuk berpadu meminimalisir dampak pencemaran lingkungan, khususnya di laut.