Pemerintah Targetkan Sektor Perikanan Menjadi Penggerak Utama Ekonomi Nasional

oleh -17 views
Ilustrasi Ragam Ikan
Ilustrasi Ragam Ikan - Foto : Freepik

Panennews.com – Subsektor perikanan menjadi salah satu sektor yang diandalkan untuk bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional melalui jalur ekspor. Perikanan menjadi subsektor di bawah sektor pertanian yang mendapat perhatian besar dari Pemerintah Indonesia. Sektor tersebut, terutama subsektor perikanan akan digenjot untuk bisa meningkatkan daya saingnya di pasar internasional.

Pemerintah Indonesia memutuskan memasukkan subsektor perikanan sebagai penggerak utama untuk sektor pertanian melalui jalur ekspor dalam pertumbuhan ekonomi nasional berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

Untuk meningkatkan daya saing, Pemerintah Indonesia mendapat dukungan dari Uni Eropa melalui kerja sama ekonomi ASEAN Regional Integration Support Indonesia Trade Support Facility atau disingkat menjadi Arise Plus Indonesia. Program hibah tersebut akan berlangsung selama empat tahun dan mengucurkan dana sebesar EUR15 juta atau setara Rp232 miliar.

“Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekspor dan integrasi Indonesia dalam rantai nilai global,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Dody Edward di Jakarta, pekan lalu.

Sebagai subsektor yang diandalkan, perikanan harus bisa memenuhi standar untuk bisa masuk ke pasar internasional, salah satunya adalah Uni Eropa. Untuk itu, Pemerintah berjanji akan terus meningkatkan nilai tambah produk ekspor sehingga bisa memperkuat peran Indonesia dalam rantai pasok dunia.

Adapun, program Arise Plus Indonesia diketahui akan mendukung penguatan kapasitas terkait perundingan perjanjian perdagangan bebas, peningkatan infrastruktur mutu untuk mendorong ekspor produk unggulan, dan mempromosikan indikasi grafis (IG) unggulan Indonesia.