Peluang Bisnis dari Bisnis Tanaman Hias

oleh -40 views
Ilustrasi Budidaya Tanaman
Ilustrasi Budidaya Tanaman - Foto : Freepik

Panennews.com – Bisnis tanaman hias atau buah dan sayuran bisa menjadi pilihan usaha penyelamatan lingkungan yang bisa menuai keuntungan. Nah, salah satunya adalah bisnis tanaman hias yang menggiurkan dari omset keuntungannya. Meskipun cara perawatannya tidak gampang agar tetap menghasilkan bunga menawan.

Salah satu pelaku usaha yang menggeluti bisnis tanaman hias ini adalah Indah Trisnawati. Ia mendirikan Lombok Orchid pada 2010. Indah menceritakan, sembilan tahun lalu, di Lombok belum banyak orang yang menggarap bisnis tanaman anggrek. Melihat peluang ini ia memberanikan diri untuk memulai bisnis.

Indah memulai usaha anggrek di sebuah lapak sederhana di pinggiran jalan. Tak jarang ia Lombok Orchid menjual sedikitnya 5 varietas anggrek jenis hybrid, yaitu anggrek bulan, dendrobium, vanda, cattleya, dan oncidium. Harga dibanderol beragam, tergantung ukuran, fase, dan varietas anggrek. Untuk fase bibit dibanderol Rp 10.000 per pot, anggrek fase remaja mulai Rp 35.0000 per pot dan fase bunga dibanderol mulai Rp 75.000 per pot.

Baca Juga :   Kini Nelayan Konawe Selatan Mulai Galakan Budidaya Ikan Putih Bubara

“Yang paling mahal Rp 300.000-an, itu varietas yang dari biji sampai bunga butuh waktu cukup lama, sekitar 7 tahun,” jelas Indah.

Selain jualan Anggrek, Indah juga menyewakan anggrek untuk hotel dan restoran. Biaya sewanya Rp 125.000 – Rp 150.000 per bulan.  Pasarnya tidak hanya Mataram dan Lombok tapi sampai Bima dan Sumbawa.

“Ada beberapa yang kami sewakan juga, karena kalau pihak hotel kan enggak mungkin stafnya disuruh merawat anggrek, alternatifnya ya menyewa. Jadi biasanya kalau pas disewa ada bunganya, lalu kalau bunganya sudah gugur, dikembalikan ke saya buat ditumbuhkan lagi bunganya. Kepemilikan tetap punya saya,” tandas Indah.

Baca Juga :   Keuntungan Budidaya Bisnis Bibit Durian yang Menggiurkan

Bisnis anggrek sekilas nampak sederhana, namun siapa sangka jika dari Lombok Orchid yang didirikan Indah bisa mengantongi omzet ratusan juta setiap bulannya.

Menarik bukan menggeluti bisnis tanaman, selain keuntungan yang didapat, kita juga dapat menarik perhatian masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Komentar