Panen Bisa Melimpah Dengan Metode Probiotik Dalam Budidaya Ikan

oleh -112 views
Digitalisasi Ikan
Ilustrasi Budidaya Ikan - Foto : Freepik

Panennews.com – Panen ikan yang melimpah tentu menjadi sebuah harapan bagi para pembudidaya ikan. Terkadang salah satu yang menjadi masalah yaitu tumbuh kembang dari ikan itu sendiri. Padahal hasil panen akan sangat dipengaruhi dengan produktivitas ikan-ikan tersebut.

Oleh karenanya dengan probiotik bisa menjadi salah satu alternatif agar perkembangan ikan bisa tumbuh dengan maksimal. Manfaat dari pengembangan bakteri baik ini dirasa akan mampu mendongkrak produktivitas dalam budidaya ikan.

Apa Itu Probiotik ?

Probiotik adalah suatu makhluk hidup berupa bakteri baik atau yang biasanya disebut dengan mikroorganisme yang dapat menguntungkan bagi inangnya. Bakteri baik ini dapat menghasilkan enzim enzim yang dapat membantu tubuh inang untuk memecah makanan sehingga dapat diserap dengan baik.

Baca Juga :   Papua Youth Creative Hub Jadi Motor Penggerak Generasi Muda Kembangkan Jiwa Entrepreneurship Perikanan Budidaya

Beberapa jenis bakteri baik tersebut diantaranya Bacillus subtillis, Nitrobacter, Nitrosomonas, Cellumonas, dan lain sebainya. Jenis tersebut diklaim sebagai bakteri yang menguntungkan karena dapat menekan bakteri jahat dalam serta dapat bermanfaat untuk inangnya.

Manfaat Probiotik

Dalam pengaplikasiannya, jenis bakteri ini dapat ditambahkan dalam pakan ikan. Inilah proses dimana bakteri tersebut masuk ke dalam perut ikan. Di dalam pencernaan tersebut, sebenarnya mikroorganisme ini masih hidup, sehingga penambahan bakteri baik ini dapat dilakukan secara kontinue agar keberadaanya tidak tergerus oleh bakteri jahat.

Selain itu, dapat juga secara langsung ditebar dalam kolam. Probiotik ini akan menyebar dalam kolam ikan yang nantinya akan termakan oleh ikan. Manfaat lainnya juga biasa digunakan sebagai pengontrol kualitas air.

Baca Juga :   Upaya Penguatan Produk Perikanan, KKP Gandeng KTNA

Manfaat dalam pengontrol kualitas air karena bakteri ini dapat menurunkan kadar nitrat dan nitrit yang akan membahayakan ikan itu sendiri. Selain itu juga probiotik juga difungsikan sebagai penyetabil kadar oksigen yang ada di dalam air.

Adapun dalam penanggulangan penyakit ikan juga salah satu manfaat probiotik. Sistem kerja bakteri baik ini untuk pencegahan berbagai penyakit yang ditimbulkan dari bakteri lain. Karena probiotik dapat menghasilkan zat antibakteri yang dapat menekan pertumbuhan bakteri lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.