Model Hidroponik yang Cocok di Rumahan Area Perkotaan

oleh -208 views
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik - Foto : pixabay/marsrow

Panennews.com – Teknologi hidroponik dikembangkan untuk menjawab kebutuhan lahan yang semakin sempit, terutama di wilayah perkotaan. Bagi hunian dengan lahan terbatas di daerah kota bisa mengembangkan model hidroponik yang cocok di rumahan karena hemat ruang.

Hidpronik itu sendiri ialah teknik menanam yang tidak harus menggunakan tanah, sebagai gantinya teknik ini menggunakan air yang ditampung pada sebuah media tanam. Secara mudahnya, hidroponik tidak harus ditanam di lahan yang memiliki area tanah.

Model tanam hidroponik juga bisa dibudidayakan pada bangunan lantai atas seperti apartemen. Contoh model yang cocok untuk tempat ini yakni sistem wig. Dengan menggunakan media tanam berupa wig, air bisa tertampung dan terserap secara maksimal oleh tanaman.

Baca Juga :   Suka Berkebun Di Taman Kering, Ini Jenis Tanaman Yang Cocok

Model hidroponik lainnya yang cocok untuk rumahan seperti sistem drip. Model ini umumnya menggunakan media tanam polybag yang di dalamnya terdapat batang kayu. Tanaman yang memakai model ini mendapatkan ekstra nutrisi dengan cara injeksi lima kali sehari.

Model hidroponik lain yang cocok dipakai di rumah perkotaan yaitu NFT atau dikenal juga sebagai Nutrinet Film Technic. Model ini membutuhkan listrik untuk memasok kebutuhan oksigen serta air tanaman dalam sehari.

Selain itu masih banyak lagi model hidroponik yang cocok di rumahan untuk area perkotaan dengan lahan terbatas. Jenis tanaman untuk budidaya hidroponik umumnya sayuran dan beberapa tanaman hias yang perawatannya sederhana. Tanaman ini umumnya ditaruh di beranda atau ruangan khusus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.