Mesin Combine Harvester, Solusi Bagi Petani Saat Panen

oleh -176 views
mesin Combine Harvester
Mesin Indo Combine Harvester – Foto: Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian

Panennews.com – Teknologi di berbagai bidang telah banyak dikembangkan, selain karena kebutuhan, keberadaan berbagai teknologi juga dinilai sebagai bagian yang lumrah karena tuntutan perkembangan zaman. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah di bidang pertanian yang disebut Combine Harvester.

Teknologi ini memang masih jarang dipakai bagi sebagian besar petani di Indonesia yang masih cenderung menggunakan metode tradisional dalam pertanian. Memanen padi dengan teknologi merupakan alternatif yang dapat dilakukan untuk menghemat tenaga dan waktu dibanding dengan metode tradisional.

Baca Juga :   Pemerintah Pastikan Tahun ini Indonesia Impor Garam

Alat Combine Harverter menjadi solusi tersebut, dengan kegunaan untuk memotong bulir tanaman yang berdiri, merontokkan dan membersihkan gabah sambil berjalan dilapangan.

Combine Harvester adalah mesin pemanen yang mengkombinasikan tiga operasi berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, dengan memadukan keseluruhan metode tersebut dalam satu rangkaian operasi. Secara sederhana, mesin ini memiliki kegunaan untuk memotong tanaman yang masih berdiri, menyalurkan tanaman yang terpotong ke selinder, merontokkan gabah dari tangkai atau batang, memisahkan gabah dengan cara membuang gabah kosong dari benda asing.

Baca Juga :   Bantu Masyarakat Akses Cabai, Pasar Mitra Tani Kementan Gelar Cabai Murah

Tentunya selain lebih modern, penggunaan mesin ini tidak boleh digunakan secara sembarangan, perlunya pemahaman dari pengguna sangat dibutuhkan.

Salah satu mesin Combine Harvester ini di Indonesia adalah Indo Combine Harvester hasil rancangan Badan Litbang Pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.