Mengenal 3 Varietas Cengkeh Yang Tumbuh Subur di Nusantara

oleh -117 views
cengkeh
Cengkeh - Foto : Rumah Mesin

Panennews.com – Cengkeh (syzygium aromaticum) merupakan tanaman rempah yang tumbuh subur di bumi Nusantara, khususnya di kepulauan Maluku. Jenis rempah ini merupakan komoditi penting yang dimiliki Indonesia.

Pada tahun 2018 saja diperkirakan jumlah produktivitas dalam skala nasional dari jenis rempah ini bisa mencapai 120 ribu ton. Adapun Provinsi Maluku merupakan penyumbang terbesar jenis tanaman yang biasanya bagian dari produk rokok kretek ini.

Tapi apakah anda tahu beberapa jenis tanaman cengkeh mempunyai varietasnya. Dalam ulasan ini akan membahas 3 jenis cengkeh yang harus anda ketahui

Sikotok

Cengkeh jenis ini mempunyai ciri fisik pada daunnya yang berbentuk mirip piramida. Daun pada jenis ini berwarna kuning dengan pucuk yang lebih merah. Pada permukaan daunnya terlihat mengkilat. Selain itu rantingnya juga berwarna merah.

Adapun varietas pada sikotok merupakan kadar eugenol cukup tinggi, yaitu berkisar sekitar 60%. Eugenol sendiri banyak digunakan dalam dunia farmasi karena memiliki kandungan antibiotik yang tinggi.

Siputih

Pada jenis cengkeh yang satu ini, ciri yang cukup menonjol terletak pada ukuran daunnya. Cengkeh ini pada daunnya tergolong besar dan lebar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Ciri lainnya terletak pada yaitu daun yang kurang rimbun dan identik menjulang. Adapun warna daunnya hijau muda atau kuning.

Sementara itu, biasanya jenis ini tidak populer untuk dibudayakan. Alasannya pada tingkat produksi cengkeh basah yang cukup rendah, yaitu berkisar 3 – 5 kg per pohon. Adapun dari sisi bunganya pada trasnya berkisar 15 – 20 buah saja.

Zanzibar

Inilah jenis cengkeh dengan tingkat basah cukup rendah, yaitu berkisar 2 – 11 kg per pohon. Oleh karenanya zanzibar potensial untuk dibudidayakan. Tanaman ini banyak tumbuh di pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Karekateristik dari bunga yang kemerahan dengan pucuk daun yang lebih merah muda. Adapun tangkai daunnya berwarna hijau tua hingga sampai ke cabang nya.

Daun yang rindang sampai menutupi seluruh batangnya juga menjadi ciri dari jenis ini. Hal ini terjadi kaena percabangan dari cengkeh ini selalu hidup. Sehingga dari bawah sampai atas terus hidup dan tumbuh yang mengakibatkan rimbunya daun.