Lahan Sempit Untung Melimpah Dari Ternak Lele Bioflok

oleh -183 views
Ilustrasi Bioflok Lele
Foto: Dok. Zerbejewelers

Panennews.com – Sudah ada yang kenal dengan sistem bioflok? Nah, sistem bioflok adalah memanfaatkan mikroorganisme pembentuk gumpalan flok yang akhirnya menjadi pakan bagi lele tersebut. Kotoran lele akan berubah menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang mana, sebenarnya merupakan perpaduan dari alga, ganggang dan bakteri yang merupakan makanan alami ikan. Sehingga, sistem bioflok ini merupakan cara terbaik memelihara ikan lele untuk dimana peternak bisa menghemat pakan hingga 50%.

Ternak lele sistem bioflok kendati modalnya lumayan banyak tetapi sistem ini hemat pakan dan bisa dilakukan di lahan sempit. Selain itu sistem bioflok bisa menjadi bisnis menjanjikan, asal ditekuni dan dijalankan dengan baik.

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Peternakan Modern Berbasis Teknologi

Umumnya kolam yang digunakan biasanya berbentuk bulat dan terbuat dari terpal. Lingkaran diameternya cukup dengan 3 meter dan mampu menampung 3000 ekor ikan lele. Hebatnya lagi dengan menggunkan terpal para peternak lele bioflok juga membantu upaya mengatasi dampak pencemaran air akibat endapan pakan ikan. Tidak hanya itu, kemampuan ikan lele bertahan hidup sangat tinggi sekalipun dipelihara di air yang kualitasnya buruk sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *