Klaten Resmi Punya Padi Premium Srinuk Dan Srinar

oleh -351 views
padi rojolele antara foto
Tanaman Padi - Foto : Antara

Panennews.com – Pengembangan jenis varietas padi terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dan Badan Tenaga Nuklir (Batan) Republik Indonesia. Varietas padi tersebut adalah padi Rojolele jenis A.10 (Srinuk), A 82.1 (Srinar).

Riset yang telah dilakukan sejak tahun 2013 tersebut sebenarnya menyuguhkan 3 varietas. Akan tetapi satu jenis bibit unggul lainnya yaitu A 106.1(Sriten) tidak lulus uji oleh Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI, di Jakarta, juni lalu.

Peluncuran padi Rojolele Srinar dan Srinuk sendiri dipimpin langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, yang bertempat di lahan persawahan padi Rojolele, Desa Gempol, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (22/10).

Baca Juga :   KKP Permudah Layanan sektor Bisnis Perikanan

Perlu diketahui bahwa Srinar dan Srinuk merupakan hasil metode pengembangan dari radiasi sinar gamma. Dengan teknologi ini maka dua varietas tersebut akan lebih unggul jika dibandingkan dengan Rojolele Induk.

Selain itu, dua bibit unggul ini diklaim mempunyai ketahanan penyakit lebih baik dari pendahulunya. Dengan demikian akan lebih tinggi produktivitasnya yaitu sekitar 9 ton/ha. Adapun induknya hanya mencapai sekitar 7 ton/ha.

Harapannya jenis padi premium ini bisa ditanam secara massal dan meningkatkan kesejahteraan petani khususnya di Kabupaten Klaten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.