Kelurahan Belawan Bahari Belajar Cocok Tanam Hidroponik

oleh -166 views
tanaman hidroponik
Model Menanam Dengan Cara Hidroponik. - Foto:Faisol/Panennews.com

Panennews.com – Kelurahan Belawan Bahari  yang terletak di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan mengembangkan program kegiatan belajar cocok tanaman Hidroponik. Kagiatan ini di pelopori oleh Forum Komunikasi Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Sumatera Utara (FK.PUSPA Sumatera Utara).

Sekretaris FK. PUSPA Sumatera Utara, Badriyah mengatakan, Kelurahan Belawan Bahari terletak di wilayah pesisir. Hal ini membuat kondisi wilayah selalu panas, rentan polusi, rawan rob dan mempunyai lahan terbatas untuk bercocok tanam.

“Mengatasi kekurangan lahan dan menciptakan lingkungan hijau yang ramah anak, teknik hidroponik adalah solusi yang tepat. Teknik ini jugamampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, menambah pendapatan keluarga, menguatkan rasa kebersamaan dan menciptakan budaya gotong royong,” kata Badriyah.

Baca Juga :   Varietas Unggul Wortel Gundaling Dari Berastagi Sumatera Utara

Untuk menjaga keberlanjutan program yang sedang berjalan dan tumbuhnya semangat perubahan sosial dan lingkungan maka FK PUSPA Sumut mengajak pemerintah dan sektor bisnis untuk membangun sinergi dalam menjalankan program ini, salah satunya bercocok tanam hidroponik.

Menurut Badriyah, Kelurahan Belawan Bahari punya potensi sumber daya yang besar. Potensi ini menjadi dasar mengembangkan daerah ini sebagai pilot project ‘Pengembangan Kampung Wisata Pesisir Ramah Anak’.

Namun, lanjut Badriyah menjelaskan, perlu sinergitas yang maksimal dari multisektor agar program ini bisa berjalan dan menjadi referensi nasional. Termasuk, membangun kawasan pesisir yang ramah anak, lewat pendekatan komprehensif, kesadaran perlindungan anak, ekonomi mikro dan pemanfaatan sumber daya lokal.

Baca Juga :   Jaga Pangan Nasional, Kementan Minta 3 Kementerian Perkuat Sinergitas

Sementara itu, Lurah Belawan Bahari, Sonang Saing menambahkan, wilayah ini ada 13 lingkungan dan lingkungan 12 ini pertama kali dilaksanakan untuk menanam tanaman hidroponik. Ia berharap semua lingkungan di Desa Wisma Salam Bahari akan menjadi sentra tanaman hidroponik. Mengingat sering rob, dan lahan selalu tergenang banjir, makanya tanaman hidroponik ini sangat bermanfaat untuk diterapkan di Belawan Bahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.