Inseminasi Buatan (IB) Berhasil Tingkatkan Populasi Sapi

oleh -35 views
peternakan sapi
Peternakan Sapi - Foto : Freepik

Panennews.com – Penggunaan teknologi Inseminasi Buatan (IB) yang dilakukan secara masif, yaitu dengan  sisitem perkawinan pada ternak sapi secara buatan dalam beberapa tahun terakhir menghasilkan hasil yang baik pada Sapi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa dari tahun 2014-2019 telah terjadi peningkatan hamper 5 juta ekor. Tercatat sejak awal Pemerintahan Jokowi, populasi sapi mencapai 14 juta ekor, namun hingga bulan Oktober 2019 sapi Indonesia telah tercatat sampai hampir 19 juta ekor.

Selain jumlah sapi yang meningkat, teknologi IB juga bagian dari upaya Pemerintah untuk menerapkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas mutu genetik ternak, sehingga dapat menghasilkan keturunan/ pedet dari bibit pejantan unggul.

Baca Juga :   Mau Ternak Burung Puyuh? Baca Tips nya Di Sini

Beberapa peluang yang dapat dilihat dari fenomena kenaikan sapi ini adalah pemilihan dan model berternak yang cerdas, misalnya dengan berternak sapi limosin yang satu ekornya saja dapat disetarakan dengan 3 sampai 4 sapi lokal.

Tentu selain upaya yang dilakukan oleh peternak sendiri, Pemerintah juga dapat memberikan wadah bagi setiap peluang yang ada bagi peternak. Melihat populasi yang semakin meningkat pesat, Pemerintah juga telah membuat dan terus mengembangkan Program Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (Upsus Siwab).

Komentar