Ini Dia Spesifikasi Mesin Pengupas Kopi

oleh -57 views
ilustrasi kopi
Ilustrasi Biji Kopi - Foto : Pixabay

Panennews.com – Para petani kopi tentu sudah sangat lazim dengan alat atau mesin pengupas kulit. Ya.., mesin yang berfungsi sebagai pengupas atau memisahkan kulit kopi dengan bijinya ini memang sangat dibutuhkan untuk proses pengolahan kopi.

Akan tetapi ada banyak jenis dan macamnya. Jika mungkin dahulu hal ini dilakukan dengan cara manual atau ditumbuk. Kini sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, mungkin bisa dilakukan dengan mesin yang sudah otomatis.

Fungsi Mesin Pengupas Kopi

Fungsi dari alat ini yaitu memisahkan kulit kopi dari bijinya (pulper) dalam keadaan basah. Pengolahan biji kopi memang melalui beberapa proses yang ada. Biasanya dibagian luar biji kopi terdapat kulit tipis dengan warna merah, kuning, maupun coklat. Hal ini tergantung varietas maupun jenis kopi nya.

Baca Juga :   Kemendag Targetkan 250 Ribu UMKM Terdigitalisasi

Dengan demikian mesin ini akan berfungsi otomatis memisahkan kulit kopi tersebut dalam keadaan basah. Keadaan basah karena fungsi dari mesin ini diolah dengan menggunakan air yang terus dikucurkan bersama kopi yang sedang dikupas.

Spesifikasi Mesin

Beberapa mesin yang dijual di pasaran dengan spesifikasi tertentu. Jika melihat dari spesifikasi mesin yang ada beberapa menawarkan dengan kekuatan sampai dengan 3 house power atau sekitar 2200 watt. Adapun kapasitan yang bisa dikerjakan oleh mesin ini bisa mencapai 600 kg kopi per-jam.

Baca Juga :   Manfaatkan Teknologi Digital, Menkop UKM Ajak Pelaku Seni Masuk Ekosistem Digital

Berat dari mesin ini bisa mencapai sekitar 80 kg, dengan dimensi lebih kuran sampai dengan 85 cm. Adapun harga yang dipatok berkisar 13 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.