Ikan Gabus memiliki manfaat mempercepat Penyembuhan Luka

oleh -57 views
Ikan Gabus
Ilustrasi Ikan Gabus Foto : pertanianku,com

Panennews.com – Ikan gabus merupakan ikan tawar yang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Walaupun kalah populer dengan ikan tuna maupun salmon, ikan gabus atau dalam bahasa latin channa striata memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi.

Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar 21,1%.

Adapun beberapa manfaat ikan gabus yang mengejutkan diantaranya, mempercepat pembentukan dan pertumbuhan otot. Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus anda dapat memperolah 25,2 gram protein.

Coba anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram dan daging sapi yang hanya 18,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh anda.

Baca Juga :   KKP Ungkapkan Pentingnya Mitigasi Hama Penyakit Ikan

Selanjutnya manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak maupun ibu hamil. Dalam 100 gr gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

Lalu apakah benar gabus memiliki manfaat mempercepat penyembuhan luka tersebut? Ya, ini karena gabus memiliki protein, khususnya asam amino dan asam lemak.

Berdasarkan penelitian, asam amino pada gabus memicu produksi kolagen yang dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit. Dibantu dengan adanya kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak, ikan gabus terbukti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga :   KKP Genjot Penyaluran Modal Usaha Kelautan Perikanan

Konsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur juga dapat memberikan efek antinyeri. Pada suatu penelitian dikatakan bahwa ikan gabus memiliki kandungan yang dapat meningkatkan efek antinosiseptif. Efek tersebut mampu meringankan rasa nyeri yang terjadi akibat adanya luka.

Tidak hanya sebatas itu, obat anti-nyeri yang dikombinasikan dengan konsumsi ikan gabus juga memberikan efek yang lebih maksimal. Studi mengatakan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan pasien usai operasi.

Terbukti sudah bahwa ikan gabus memang mampu mempercepat penyembuhan luka. Ikan ini bahkan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi apabila dikonsumsi secara rutin, teratur dan pada porsi yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.