Genjot Agro Gemilang, Denpasar Catat Tren Peningkatan 

oleh -49 views
Kepala Badan Karantina Pertanian
Kepala Badan Karantina Pertanian Ir. Ali Jamil - Foto : Balai Karantina

Panennews.com – Sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman untuk pacu ekspor, Karantina Pertanian Denpasar bekerjasama dengan instansi terkait di Bali genjot program Agro Gemilang.

Program yang digagas Barantan dan telah diluncurkan Mentan diawal tahun 2019 ini mulai menunjukkan hasilnya. Kepala Karantina Pertanian Denpasar, I Putu Terunanegara menyampaikan kinerja eksportasi yang tercatat diwilayah kerjanya yakni peningkatan ragam komoditas sebanyak 43% hingga September 2019 dibanding periode sama tahun 2018. Kini sebanyak 207 jenis produk pertanian Bali menjadi unggulan ekspor setelah tahun sebelumnya hanya 145 jenis.

Baca Juga :   Ternyata Limbah Kertas Bisa Jadi Pupuk Tanaman

Indikator keberhasilan lain program ayo galakkan ekspor produk pertanian oleh generasi milenial bangsa ini adalah bertambahnya frekuensi pengiriman yang semula di tahun 2018 sebanyak 1.307 kali meningkat 27% menjadi 1.661 kali. Hal ini juga seiring dengan peningkatan jumlah eksportir sebesar 30% yaitu 526 eksportir sedangkan pada tahun 2018 sejumlah 405 eksportir.

Fasilitasi layanan ekspor, layanan ekspor cepat, sinegisitas dengan pemangku kepentingan, perluasan akses pasar adalah rangkaian program Agro Gemilang di Denpasar. Dan tidak ketinggalan adalah terus mengajak masyarakat dalam berbagai kegiatan khususnya ditujukan bagi generasi muda milenial untuk masuki bisnis ekspor komoditas pertanian, jangan ragu dan berani ekspor, imbuh Putu. [Sumber : Balai Karantina Kementrian Pertanian RI].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.