Dorongan Pertumbuhan Usaha dari Industri Tekfin

oleh -7 views
teknologi finansial
Ilustrasi Tekfin - Foto : Freepik

Panennews.com – Saat ini sudah tidak asing dengan kata tekfin atau teknologi finansial, industri tekfin mempunyai peluang yang besar untuk tumbuh seiring langkah pemerintahan baru yang akan fokus menggenjot pertumbuhan usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM).

Manfaat industri tekfin yang dirasakan pada pertumbuhan usaha di masyarakat salah satunya dapat menjadi solusi alternatif dari keterbatasan pembiayaan terhadap UMKM. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Andreas Eddy Susetyo menilai bahwa fokus pemerintahan selanjutnya untuk mendorong UMKM akan turut mendorong geliat industri tekfin.

Baca Juga :   Kadin Harapkan Para Pengusaha Kembangkan Bisnisnya di Sektor Pertanian

Menurut dia, tekfin dapat memperluas akses penyaluran pembiayaan karena dapat menjangkau segmen masyarakat yang belum tersentuh layanan pembiayaan konvensional. Hal tersebut dapat mendorong akses pelaku UMKM di berbagai wilayah terhadap sumber modal.

Eddy menilai bahwa hal paling penting dari pemanfaatan layanan tekfin tersebut adalah perlindungan konsumen, seperti perlindungan data pribadi digital. Pengembangan UMKM menurutnya perlu disertai keamanan bagi para pelaku untuk menggenjot bisnisnya.

“Nanti (para pelaku UMKM) perlu ditingkatkan literasinya supaya bisa menggunakan tekfin ini dengan tepat,” ujar Eddy.

Komentar